Penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

  • Sitti Nurkia Jurusan Psikologi dan Bimbingan, Universitas Negeri Makasar
  • Sulkifly Sulkifly Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: konseling, restrukturisasi, kepercayaan diri

Abstract

Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk memperoleh gambaran penerapan teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. (2) Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah penerapan teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimen design. Subyek penelitian ini adalah 12 orang yang merupakan siswa kelas XI IPA di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. (2) Kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang sebelum diberikan perlakuan berupa Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif berada pada kategori sangat rendah, rendah, dan sedang namun setelah diberi perlakuan berupa Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif tingkat kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang, tinggi, dan sangat tinggi. (3) Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI IPA di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Artinya, penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif memiliki pengaruh positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang.

Author Biography

Sulkifly Sulkifly, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

JAMBURA Journal of  Educational Management is a journal that focuses on Educational Management . This journal is published by the Education Management Department, Gorontalo State University, which aims to facilitate professionals, academics, researchers, scholars and university students whose conduct empirical and original work. The Jambura Journal publishes articles  twice a year, every March and September.

References

Abimanyu, Soli dan Manrihu, M. Thayeb. (1996). Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik. Ahmad Jaelani. (2000). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas III Pada Sekolah Di SLTP Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 200/2003. Tegal: UPI (http://jurnal.upi.edu/file/12-Kadek_ Ahmad Jaelani.pdf, di unduh 19 Maret 2015).

Alfiatin, T & Martaniah, S M. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: UGM.

Andayani, Budi dan Tina Afiatin. (1996). Konsep diri, Harga diri dan kepercayaan diri remaja. Jurnal Psikologi: Universitas Gadjah Mada. (http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataid=4105, di unduh 19 Maret 2015).

Anthony. R. (1992). Rahasia Membangun Kepercayaan Diri (terjemahan Rita Waryadi). Jakarta : CV. Rajawali.

Astriyanti, Andi. (2005). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Antarpribadi Remaja (Studi Pada Siswa SMK Negeri 8 Makassar). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aryani, Farida. (2008). Efektifitas Pendekatan Kognitif Behavioral Modification (CBM) Untuk Mengelola Stres Belajar Siswa. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Beck, A, T. Freeman, A. (2003). Cognitive Therapy of Personality Disorder (2nd ed). New York : Guilford Press.

Corey, G. (2009). Teori & Praktek Konseling & Psikoterapi. Penerjemah E. Koswara. Edisi Keempat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Darajat, Z. (1994). Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji Masagung.

Dobson, K & Deborah, Dobson, 2001. Handbook of Cognitive Behavioral Therapist. New York: Guilford Press.

Dobson P. J.G & Dobson K. (2009). Evidence Based Practice of Cognitive Behavioral Therapy. New York: Gold press.

Hadi, S. 2004. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Iswidharmanjaya, D & Agung, G. (2004). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri, Panduan bagi Remaja Yang Berhasil Mencari Jati Dirinya. Jakarta: PT elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Latipun. (2004). Psikologi konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Lauster, P., (1997), The Personality Test, London: Pan Books.

Lesmana, JM. (2005). Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: UI Press. Mappiare, Andi.1984. Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Mastuti. I. A. (2008). 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta: Hi-Fest Publishing.

Nissa Kurniawati. (2012). Meningkatkan Rendahnya Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di Depan Kelas Melalui Konseling Realita Pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ 71085132.pdf, di unduh 19 Maret 2015) Oemarjoedi, Kasandra. (2004). Pendekatan Kognitif Behavior dalam Psikoterapi. Jakarta: Kreative Media.

Prayitno. (2004). Bimbingan dan Konseling. BP. Balai Pustaka: Jakarta.

Rini, J. (2009). Assertivitas. (Online), http://e-Psikologi.com. Diakses 11 Desember 2014.

Rosida. (2007). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Konformitas Pada Siswa SMA Negeri 2 Polewali Sul-Sel. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Safaria, Triantoro. (2004). Terapi Kognitif-Perilaku Untuk Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santoso. (1993). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhardita, Kadek. (2011). Efektivitas Penggunaan Tehnik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Bandung: UPI (http://jurnal.upi.edu/file/12-Kadek_Suhardita.pdf, di unduh 19 Maret 2015).

Susanti, Florentina Rika. (2008). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/61082133.pdf, di unduh 19 Maret 2015)

Wibowo, S. (1996). Rahasia Mencapai Sukses. Surabaya: Ernico.

Published
2020-04-27
How to Cite
Nurkia, S., & Sulkifly, S. (2020). Penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 14-30. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.133