Penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa
Abstract
Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk memperoleh gambaran penerapan teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. (2) Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah penerapan teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimen design. Subyek penelitian ini adalah 12 orang yang merupakan siswa kelas XI IPA di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. (2) Kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang sebelum diberikan perlakuan berupa Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif berada pada kategori sangat rendah, rendah, dan sedang namun setelah diberi perlakuan berupa Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif tingkat kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang, tinggi, dan sangat tinggi. (3) Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI IPA di MAN Baraka Kabupaten Enrekang. Artinya, penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif memiliki pengaruh positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Baraka Kabupaten Enrekang.
References
Abimanyu, Soli dan Manrihu, M. Thayeb. (1996). Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik. Ahmad Jaelani. (2000). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas III Pada Sekolah Di SLTP Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 200/2003. Tegal: UPI (http://jurnal.upi.edu/file/12-Kadek_ Ahmad Jaelani.pdf, di unduh 19 Maret 2015).
Alfiatin, T & Martaniah, S M. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: UGM.
Andayani, Budi dan Tina Afiatin. (1996). Konsep diri, Harga diri dan kepercayaan diri remaja. Jurnal Psikologi: Universitas Gadjah Mada. (http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataid=4105, di unduh 19 Maret 2015).
Anthony. R. (1992). Rahasia Membangun Kepercayaan Diri (terjemahan Rita Waryadi). Jakarta : CV. Rajawali.
Astriyanti, Andi. (2005). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Antarpribadi Remaja (Studi Pada Siswa SMK Negeri 8 Makassar). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aryani, Farida. (2008). Efektifitas Pendekatan Kognitif Behavioral Modification (CBM) Untuk Mengelola Stres Belajar Siswa. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Beck, A, T. Freeman, A. (2003). Cognitive Therapy of Personality Disorder (2nd ed). New York : Guilford Press.
Corey, G. (2009). Teori & Praktek Konseling & Psikoterapi. Penerjemah E. Koswara. Edisi Keempat. Bandung: PT. Refika Aditama.
Darajat, Z. (1994). Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji Masagung.
Dobson, K & Deborah, Dobson, 2001. Handbook of Cognitive Behavioral Therapist. New York: Guilford Press.
Dobson P. J.G & Dobson K. (2009). Evidence Based Practice of Cognitive Behavioral Therapy. New York: Gold press.
Hadi, S. 2004. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Iswidharmanjaya, D & Agung, G. (2004). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri, Panduan bagi Remaja Yang Berhasil Mencari Jati Dirinya. Jakarta: PT elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Latipun. (2004). Psikologi konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Lauster, P., (1997), The Personality Test, London: Pan Books.
Lesmana, JM. (2005). Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: UI Press. Mappiare, Andi.1984. Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Mastuti. I. A. (2008). 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta: Hi-Fest Publishing.
Nissa Kurniawati. (2012). Meningkatkan Rendahnya Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di Depan Kelas Melalui Konseling Realita Pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ 71085132.pdf, di unduh 19 Maret 2015) Oemarjoedi, Kasandra. (2004). Pendekatan Kognitif Behavior dalam Psikoterapi. Jakarta: Kreative Media.
Prayitno. (2004). Bimbingan dan Konseling. BP. Balai Pustaka: Jakarta.
Rini, J. (2009). Assertivitas. (Online), http://e-Psikologi.com. Diakses 11 Desember 2014.
Rosida. (2007). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Konformitas Pada Siswa SMA Negeri 2 Polewali Sul-Sel. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Safaria, Triantoro. (2004). Terapi Kognitif-Perilaku Untuk Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Santoso. (1993). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhardita, Kadek. (2011). Efektivitas Penggunaan Tehnik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Bandung: UPI (http://jurnal.upi.edu/file/12-Kadek_Suhardita.pdf, di unduh 19 Maret 2015).
Susanti, Florentina Rika. (2008). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/61082133.pdf, di unduh 19 Maret 2015)
Wibowo, S. (1996). Rahasia Mencapai Sukses. Surabaya: Ernico.
Copyright (c) 2020 Sitti Nurkia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
 - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
 - Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 - Privacy Statement
 
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
							
							








