Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar

  • Salim Korompot Universitas Negeri Gorontalo
  • Maryam Rahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Rahmat Pakaya Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: persepsi, siswa, mempengaruhi, minat belajar

Abstract

Belajar merupakan suatu aktivitas atau kegiatan yang berimplikasi pada suatu perubahan ke arah maju menyangkut pengetahuan, sikap dan keterampilan. Untuk mencapai kesuksesan belajar dibutuhkan faktor-faktor pendorong, dan salah satunya adalah minat belajar. Penelitian ini menyangkut persespi siswa tentang faktor penyebab rendahnya minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif, pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunujukkan bahwa dalam persepsi siswa penyebab rendahnya minat belajar adalah aspek jasmani 84%, aspek psikologis 78%, aspek keluarga 72%, aspek sekolah 69%, dan aspek masyarakat 75%. Berdasarkan kelima indikator tersebut aspek jasmani yang memperoleh nilai rata-rata sebanyak (84%). Hal ini menunjukkan bahwa dalam persepsi siswa aspek jasmani merupakan faktor dominan mempengaruhi minat belajar.

References

Al Fuad, Zaki dan Zuraini. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang . Jurnal Tunas Bangsa 3 (2).

Ardyani, Anis dan Latifah, Lyna . (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal. 3 (2) (2014).

Daniyati, Nadzifah Ajeng dan Sugiman. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10 – Nomor 1, Juni 2015, (50-60).

Dimyati, Dr dan Mudjiono, Drs. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan keempat. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, B. Syaiful (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah, Ahmad. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M a t h l i n e: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 2. Augustus 2016.

Febriyanti, Chatarina dan Seruni. (2014). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 4(3): 245-254. 2014.

Hamalik, Oemar, Dr. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Cetakan ketujuh. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (online). https://kbbi.web.id/minat

Mahyudi, Surya. (2012). Peranan Gaya Mengajar Guru Fisika Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa Kelas IX MTs Istiqlal Delitua. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1 No. 1 Juni 2012.

Nisa, Indah Khoirul dan Setiyani, Rediana. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal 5(2) (2016)

Poerwanto, Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 21-36.

Saputra, Wahyu, M.Pd. (2017). Efek Mengikuti Ektra Kurikuler Olah Raga dan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Pembentukan Self-Esteem Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISSN : 24775673. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Subang. Volume III Nomor 1, Desember2017.

Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016.

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018

Published
2020-04-28
How to Cite
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Most read articles by the same author(s)