Penerapan Mind Mapping Method untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Sebagai Persiapan Menghadapi Pasca Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar
mahasiswa saat menghadapi pasca pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui mind mapping method.
Tujuan jangka panjang penelitian ini yaitu memberikan pemahaman dan meningkatkan minat belajar
kepada mahasiswa. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan dua variabel
yaitu mind mapping method dan minat belajar mahasiswa, menggunakan dua kelompok yaitu
eksperimen dan kontrol pada pre test dan post test. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive
sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, dengan uji wilcoxon ranks
test dan pengujian hipotesis. Alur kegiatan penelitian: (1) Observasi awal,(2) Mengembangkan
Instrument, (3) Melaksanakan pre test dan validasi instrument (4) Menentukan kelompok eksperimen
dan kontrol (5) Pemberian mind mapping method, (6) Pelaksanaan post test, (7) Analisis hasil
penelitian, dan (9) laporan penelitian.
References
Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Ardyani, Anis & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa
Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010
Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.
Cucus, A., Aprilinda, Y., & Endra R, Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia
untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika,
7(1), 1–5. https://doi.org/10.36448/jsit.v7i1.765
Darmayoga, I. W., Suparya. I. K. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping
Berbantuan Media Whatsapp untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA. Maha Widya
Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 3(2), 166–173.
Dilmaç, S. (2020). Students’ Opinions About The Distance Education to Art and Design Courses in
the Pandemic Process. World Journal of Education, 10(3), 113–126.
Hillar, S. . (2012). Mind Mapping with FreeMind. PACKT Publishing.
https://libgen.is/book/index.php?md5=06B23BF265BF75C99FD5957C65E21228
Kemendikbud. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka dan Dalam Jaringan
Tahun 2021. Online. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/perkuliahan-dapatdilakukan-secara-tatap-muka-dan-dalam-jaringan-tahun-2021. Diakses, 23 April 2021
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang
Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48.
https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.
Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Map Terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa
Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan,
17(1), 43–52.
Poetri, M. M., & Saifuddin, M. F. (2020). Student facilitator and Explaining dengan Mind Mapping:
Efek pada Hasil dan Minat Belajar. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 10-20.
Setiawan, E. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (online). https://kbbi.web.id/ajar,
Diakses 23 April 2021
Judul Tulisan (Maksimal 9 kata)
- Penulis Utama, Penulis Kedua
10
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.
Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Wulandari, A., Connie., & Risdianto, E. (2020). Deskripsi Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan
Model Direct Instruction Berbasis Mind Mapping pada Pembelajaran IPA di SMPN 3
Kepahiang. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 51–58.
Copyright (c) 2021 Nurul Maulida Alwi, Salim Korompot, Sulkifly, Nur Fadhilah Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.