Sosialisasi Pendidikan Inklusi Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Tinelo

  • Sulastya Ningsih Universitas Negeri Gorontalo
  • Marsya Cikita Universitas Negeri Gorontalo
  • Noval Setiawan Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Dwi Agista Olii Universitas Negeri Gorontalo
  • Muh. Fikri Totondeng Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Anak Usia Dini; Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan Inklusi

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang melakukan pembelajaran kepada semua anak, bayi, anak normal ataupun anak yang berkebutuhan khusus. Tujuan Pengabdian ini memberikan pemahaman kepada guru Pendidikan Anak Usia dini tentang pentingnya pendidikan inklusi di satuan pendidikan. Pengabdian ini dilakukan di Desa Tinelo yang melibat guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di desa tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Sosialisasi. Hasil pengabdian ini adalah memberikan wawasan kepada guru tentang penting pendidikan inklusi dan ini terlihat dari perubahan pengetahuan dan kesadaran guru. Menyiapkan seorang pendidik bagi anak berkebutuhan khusus merupakan sebuah haal yang sangatlah penting, agar seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus dapat berkembang dengan baik sesuai dengan tahap perkembangan.

References

Agusmidah, A., Khakim, A., Wijayanti, A., & Sirait, N. N. (n.d.). Kajian Evaluasi dan Penguatan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) di Indonesia.

Andani, F., Octavia, R., Pahera, D., Alisah, S., Erda, W., & Andani, N. S. (2023). Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), 152–165.

Betan, A., Sofiantin, N., Sanaky, M. J., Primadewi, B. K., Arda, D., Kamaruddin, M. I., & AM, A. M. A. (2023). Kebijakan Kesehatan Nasional. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Janah, F. A., Alifia, N. H., & Lusiani, S. (2023). Dramaturgi: Sebuah Pertunjukkan Panggung Depan Kehidupan Sosial Para Pelaku Awe-Awe Jalur Gumitir, Kabupaten Jember. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 230–243.

Lestari, N. W. R. (2023). Implementasi Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 6(3), 323–333.

Munadlir, A. (2016). Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Safitri, D., & Hijriyani, Y. S. (2022). Pendidikan inklusif sebagai strategi mewujudkan pendidikan menyeluruh bagi anak usia dini. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo, 1, 27–39.

Setiawan, I., Maryani, S., Akhmad, A., & Martin, N. (2023). PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) DI SMK NEGERI 1 LINGSAR LOMBOK BARAT. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2601–2611.

Sinaga, D., Panjaitan, H., & Herlina, E. S. (n.d.). Implementasi Landasan Filosofi Anak Berkebutuhan Khusus.

Sumarni, M. S. (2019). Pengelolaan Pendidikan Inklusif di Madrasah. Edukasi, 17(2), 294355.

Published
2023-12-31
How to Cite
Ningsih, S., Cikita, M., Abdullah, N. S., Olii, D. A., & Totondeng, M. F. (2023). Sosialisasi Pendidikan Inklusi Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Tinelo. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 2(1), 21-28. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/2866