SINERGI ANTARA ORANG TUA DAN GURU DALAM MERANGSANG PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

SINERGI ANTARA ORANG TUA DAN GURU DALAM MERANGSANG PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

  • Sulastya Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us Djuko Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuningsi Laiya Universitas Negeri Gorontalo
  • Dwi Agista Olii Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan aspek penting dari pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Sinergi antara guru dan orang tua memegang peranan penting dalam merangsang dan memperkuat perkembangan bahasa anak. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anak untuk mengembangkan keterampilan bahasa mereka. Melalui komunikasi yang efektif, kegiatan interaktif, dan pendekatan pendidikan yang konsisten, anak-anak dapat lebih mudah menyerap dan melatih kemampuan bahasa merekamemastikan bahwa baik guru maupun orang tua mendapatkan informasi yang cukup dan diperlengkapi untuk memberikan dukungan terbaik bagi pembelajaran awal anak-anak mereka. Dengan mendorong pendekatan yang lebih kolaboratif dan terinformasi terhadap pendidikan anak usia dini, program ini berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan dan berkontribusi pada pengembangan holistik anak-anak di komunitas ini.Oleh karena itu, peran aktif dan sinergis dari kedua belah pihak sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal dalam perkembangan bahasa anak.

 

Kata kunci: Anak Usia Dini; Perkembangan Bahasa

Published
2025-01-22
How to Cite
Sulastya, Djuko, R. U., Laiya, S. W., & Olii, D. A. (2025). SINERGI ANTARA ORANG TUA DAN GURU DALAM MERANGSANG PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 3(01), 27-34. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/3468

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>