Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6
Abstract
The problem in this study What is the ability of children to recognize letters in group B children to kindergarten Al-Qur’an Uswatun Hassanah Ollot 1, West Bolangitang District, Bolaang Mongondow Utara Regency The purpose of this study was to describe the ability to recognize letters in group B children in kindergarten Al-Qur’an Uswatun Hassanah Ollot 1, West Bolangitang District, Bolaang Mongondow Utara Regency. The method used is descriptive are abservation, documentation and interviews. The results showed that the child’s ability to recognize letters was at a very good development stage with an average of 11.75% Starting to develop an average of 82.35% and not yet developing 5.88% in the study it cant be conclude that the ability to recognize letters in group B children at kidergrten Al-Qur’an Uswatun Hassanah Ollot 1, West Bolangitang District, Bolaang Mongondow Utara Regency is starting to develop.
References
Andiyani, dkk.2015. Penggunaan Media Balok Huruf Pada Kemampuan mengenal Huruf Anak. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 1, No 4
Ardini, P.P & Handini M.C.2017. The Influence of Instructional Method, Visual Spatial
Intelligence, and School Readiness on Early Reading Abilities http://.seiencedomain.org/review-history/22744. Diakses Pada Tanggal 20 januari 2021.
Christian, A, dkk.2014. Animasi Interaktif Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Diakses Pada Tangal 14 Maret 2020
Dhieni, N. 2010. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Ernita, N 2018. Peningkatan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Bahasa Anak Usia Dini. Skripsi: Universitas Negeri Raden Intan.
Mufikha.E.S. 2013. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias Di Paud Kenanga 1 Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal. Vol 1. No 1
Musfiroh. T. 2009. Cerita Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana
Nikma, K. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui media gambar Pada Anak Kelompok A RA KM Miftahul Huda Pulosari Kecamatn Papar Kabupaten Kediri. Artikel. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Pangastuti, R. Dkk 2017. Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamc Education. Vol 1 No.1
Rahayuningsi,S.S. dkk 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermaing Dengan Kotak Pintar. Jurnal:Vol.9. No.1
Rislina, S.L.N. 2015. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Lonceng ABJAD Pada Anak-Anak Kelompok A TK Kusma Mulia II Banyakan Tahun Ajaran 2914/2015.Artikel. Universitas Nusantara PGRI.
Risnita, & Oktaviana, W. 2019. Asesmen Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Bigbook. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5. No. 2
Rizkiyana, M. 2019. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kartu Kata Bergambar Kelompok A Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu. Skripsi.: Universitas Negeri Raden Intan Lampung.
Siriger, R.A. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunaka Media Kartu Kata Di TK Negri Pembina 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Literasiologi. Vol. 2. No 1
Trisniwati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Vortuna, D. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B4 TK Negeri Pembinia 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. jurnal Tumbuh Kembang. No. 5. No. 2
Wahyuni. D. Y. 2017. Mengembangkan Kemampuan Kongnitif Anak Melalui Bermain Rangcangan Bangunan Balok. Jurnal Ilmia Mahasiswa. Vol.1 No.1
Wahyuningtiyas, P.A. 2015. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini Di Tempat Penitipan Anak Beringharjo Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wicaksana, G. 2011. Buat Anakmu Gila Baca. Jogjakarta: Buku Biru
Copyright (c) 2021 Windri Kapiso, Rapi Us Djuko, Sri Wahyuningsi Laiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.