MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA MELALUI MEDIA JAM PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KEC. KOTA SELATAN KOTA GORONTALO

  • Sri Wahyuningsi Laiya Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kemampuan Membilang Angka, Jam pintar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membilang angka melalui media jam pintar pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kec. Kota Selatan  Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) yang dilaksanakan di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo, tepatnya di kelompok B1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang angka pada anak Kelompok B Di TK Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui media jam pintar. Pada  observasi awal terdapat 5 anak (25%) dari 20 anak yang sudah mampu membilang angka. Setelah mengikuti siklus 1 menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membilang angka menjadi 11 anak (60%) dan setelah mengikuti siklus 2 terdapat peningkatan menjadi 16 anak (80%) dari 20 orang anak untuk kemampuan membilang angka melalui media jam pintar pada anak Kelompok B Di TK Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.

Author Biography

Sri Wahyuningsi Laiya, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

http://syifarhs.blogspot.co.id/2016/12/pengertian-kemampuan-kognitif-afektif.html
http://pembelajaran-pendidikan.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-kemampuan-kognitif.html
Berda Asmara. 2017. Penggunaan Media Jam Pintar Dalam Meningkatkan Pemahaman konsep Bilangan 1 - 20 Pada Anak Kelompok B di TK Khadijah Wonokromo Surabaya. Education and Human Development Journal, Vol. 02. No. 01, April 2017
Hollands. 2002. Kamus Matematika. (Alih Bahasa: Naipospos Hutauruk). Jakarta: Erlangga.
Izzaty, Rita Eka. Dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Karim, Muchtar. 2003. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mudjito AK. 2007. Pedoman Pembelajaran Berhitung di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud dan PT Rineka Cipta.
Ramli, M. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Santrock, J.W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (Alih Bahasa: Juda Damanik & Acmad Chusairi). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Seefeldt & Wasik, B.A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta: Indeks.
Shamsudin, Baharudin. 2002. Kamus Matematika Bergambar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Simanjuntak, Lisnawati, dkk. 2001. Metode Mengajar Matematika Jilid 1. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suardiman. Siti Partini. 2003. Metode Perkembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY.
Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Suyanto. Slamet. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Syamil. 2008. Kemampuan Membilang Anak Usia Dini. Bandung: Angka
Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Published
2018-04-04
How to Cite
Laiya, S. W. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA MELALUI MEDIA JAM PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KEC. KOTA SELATAN KOTA GORONTALO. PEDAGOGIKA, 9(1), 88-98. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.29
Section
Articles