Asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk)

  • Sahara Idham Hamzah Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us Djuko Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Asesmen, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada metode dalam pencapaian hasil pembelajaran yang diinginkan, penetapan, dan pengembangan metode berdasarkan pada kondisi pembelajaran yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas pembelajaran guru  didalam kelas di TK Mawar di  Desa Sumba Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow utara Profinsi Sulawesi Utara. metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yakni guru kelas dan guru pendamping. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pebelajaran guru didalam kelas terdapat beberapa aspek yakni, menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, memberikan acuan, memiliki sifat kreatif, memberikan perhatian dan mereview serta mengevaluasi. Ketujuh aspek tersebut belum dilakukan guru secara keseluruhan. Ada  juga faktor yang mempengaruhinya yakni, latar belakang guru itu sendiri yang bukan dari sarjana pendidikan anak usia dini, serta kondisi siswa yang kurang bisa menerima arahan dari guru sehingga mereka tidak mengerti apa yang harus dilakukannya

References

Aprida Pane dan Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2 Desember 2017.

Mardiah Kalsum Nasution. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017; ISSN 1978-8169.

Sunhaji. (2014) Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal kependidikan.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir Vol. XI No. 1 Juni 2018.

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 7 No. 1 Januari-Juni 2014.

Feditat Acistamaya. (2017). Peran Guru dalam Kegiatan Bermain Anak. Diakses tanggal 6 November 2017 dari https://www.kompasiana.com/feditatacistamaya/59ff9cf2c252fa360b6c2c62/peran-guru-dalam-kegiatan-bermain-anak?page=all

Rahma Seftiarani dkk. (2016). Kreativitas Guru Dan Kompetensi Pedagogik Di Paud Kecamatan Penengahan.

Syarifah Aini. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Karakter Siswa Dalam Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Ismailiyah No. 82 Medan.

Uno, Hamzah B dan Koni, Satria. (2013) Assesment Pembelajaran. (Ed) Dewi Ipurwanti. Jakarta : Bumi AksaraErikson. 1967, Bermain dan permainan anak: tanggerang selatan, Universitas terbuka

Ahmad Nasihaddin, 2016. Meningkatkan mororik halus anak melalui kegiatan melipat dengan berbagai media pada abak kelompok B3 di TK ABA karang malang.

Published
2020-01-06