Manajemen Pendidikan Karakter PAUD
Abstract
Pada hakekatnya memperkenalkan kepada anak mengenai pendidikan karakter sejak dini itu penting karena pada masa ini merupakan masa belajar yang paling pontensial. Peenelitian ini bretujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang berkaitan dengan karakter manajemen pendidikan anak usia dini. penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan jenis studi pustaka. Studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan data menggunkan dokumentasi dari buku dan karya ilmiah yang relevan dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan analisis isi dengan membaca,mencatat dan mengelola bahan penelitian kemudian menyimpulkannya. Hasil penelitian menunjukan Pedidikan karakter memiliki peran penting dalam merubah perilaku seseorang, dimana diantarannya penerapan manajemen pendidikan karakter perlu diterapkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna membentuk perilaku anak dengan baik. Secara spesifik manajemen pendidikan karakter akan membentuk pribadi anak yang memiliki tanggung jawab, berbudaya, religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta damai, peduli lingkungan Cinta tanah air, Menghargai prestasi dan komunikatif. Penelitian ini berguna untuk orang tua, guru dan masyarakat dalam memanajemen pendidikan karater di pendidikan anak usia dini
References
Aly, Hery Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos
Arismantoro. 2010. tinjauan aspek character building,bagaimana mendidik anak berkarakter. yogyakarta: tiara wacana.
Chasanah, Risnaeni. 2014. Pendidikaan Karakter Melalui Percobaan Sains Sederhana Untuk Anak Usia Dini. Jogjakarta: Kreasi Wacana.
Fadlillah, Muhammad & Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fattah, N. 2010. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
E, Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendri. 2013. Pendidikan Karakter berbasis Dongeng. Bandung: Simbiosa Rekatam 2013
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Alih Bahasa Istiwidayati dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga
Hartati, Sofia. 2007. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. Jakarta: Enno Media
Hasibuan. 2007. Malayu, Manajemen, dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara
Kamaludin. 2007. Manajemen. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Proyek Pengembangan Lembanga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta : Badan Pengembangan Dan Pusat Kurikulum
Kesuma, Dharma dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
LITBANG, bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa : pengembangan budaya dan karakter bangsa. jakarta: pusat kurikulum.
Majid, Abdul & Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Ke-3. Yogyakarta: Rake. Sarasin.
Rahman, Hibama S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press
Ramli, M. 2004. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
S. Rebbeca. 2007. New dan Moncrief Cochran, Early Childhood Education: An Internasional Encyclopedia, Volumes 1-4. London: Praeger Publishers
Salahudin, Anas dan Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter,pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa. Bandung: pustaka setia
Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Santoso, Soegeng. 2011. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya, Makalah. Jakarta
Santoso, Soegeng. 2011. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya, Makalah VIII, 6 Januari 2011,
Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Sisk, Henri L. 1969. Princciples of management. Ohio: South Western Publishing Company
Sutrisno. 2011. Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fadilatama
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Depdiknas: Jakarta UUD No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Pasal 28 ayat 1
Usman, Husaini. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2022 lia ricka pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






