Pengaruh Game Edukasi Berbasis Wordwall Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Perkembangan kognitif merupakan suatu perubahan yang terjadi dalam cara berpikir anak. Berpikir termasuk ke bagian otak, sehingga kognitif berkaitan dengan kecerdasan anak dalam menyelesaikan permasalahan dan keterampilan berhitung juga mengenal simbol angka. Perkembangan kognitif termasuk salah satu aspek perkembangan yang perlu distimulasi atau dikembangkan, stimulasi dapat dilakukan melalui kegiatan bermain. Bermain merupakan suatu setting yang bagus untuk mengembangkan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukasi berbasis wordwall terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, serta dokumentasi. Analisis data melalui bantuan aplikasi SPSS Statistics 22 dengan uji paired sample test. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun sebanyak 30 anak terdiri dari 15 anak sebagai kelompok eksperimen di TK Negeri Pedesaan dan 15 anak sebagai kelompok kontrol di TK Negeri Pembina Kecamatan, serta masing-masing kelompok mendapat perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis wordwall berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak pada kelompok eksperimen sebelum mendapat perlakuan (pretest) didapat nilai rata-rata sebesar 35,53 dan menjadi sebesar 39,73 setelah mendapat perlakuan (posttest). Penerapan game edukasi berbasis wordwall sebagai alat bantu pembelajaran memiliki pengaruh yang baik dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. Selain itu juga, game edukasi berbasis wordwall dapat memotivasi belajar anak karena terciptanya iklim belajar yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman tentang pentingnya penggunaan game edukasi berbasis wordwall sebagai media pembelajaran pada jenjang pendidikan anak usia dini.
References
Chidlir, Y. (2022). Game Edukasi Wordwall Solusi Mengatasi Kejenuhan dalam Pembelajaran. Guruinovatif.Id. https://guruinovatif.id/@redaksiguruinovatif/game-edukasi-wordwall-solusi-mengatasi-kejenuhan-dalam-pembelajaran
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. Pfeiffer.
Essa, E. L. (2011). Introduction to Early Childhood Education 4 Ed. Delm Learning.
Hanafri, M. I., Budiman, A., & Akbar, N. A. (2015). Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2).
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Studi From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503.
Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. e-indonesia Initiative.
Kurniawan, A. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizziz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 552–560.
Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101–110.
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Rineka Cipta.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pedidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional Anak Usia dini (Tingkat Pencapaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun). https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_137_14_lampiran01.pdf
Putri, E. E., Saleh, N., & Jufri. (2021). Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Journal of Language and Literature, 2(1), 53–61.
Rohani. (2016). Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain. Raudhah, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.57
Rosidah, L. (2017). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. FKIP UNTIRTA PUBLISHING.
Silvia, K. S., Widiana, I. W., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 261–269. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36814
Sudarna. (2014). PAUD Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Genius Publisher.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.
Sulastri, N. M. (2022). PROBLEMATIKA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Journal Scientific of Mandalika, 2(7), 739–744. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/download/762/636
Supendi, P., & Nurhidayat. (2008). Fun Game. Penebar Swadaya.
Suryani, E., & Purwanti, K. Y. (2019). Pengenalan Game Edukasi Android Sebagai Penunjang Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 148–156. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/article/view/1486/2239
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. PT Bumi Aksara.
Undang-undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bab 1 Pasal 1 ayat 14). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/download/38941/19697/96589
Copyright (c) 2024 Siti Badriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






