Pengaruh Aplikasi 123 Numbers terhadap Pemahaman Konsep Bilangan 1–20 pada Anak 5-6 Tahun

  • Fatya Anggriyani Hamdata Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Aplikasi 123 Numbers, Konsep Bilangan 1 – 20, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi 123 Numbers terhadap pemahaman konsep angka 1–20 pada anak usia 5–6 tahun di kelompok B TK Dahlia Milangodaa, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimental, menggunakan desain satu kelompok pre-test dan post-test. Sampel penelitian berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pre-test sebesar 16,41 menjadi 23,00 pada post-test. Uji hipotesis menggunakan regresi linier menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Hi) diterima dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi 123 Numbers berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep angka 1–20 pada anak usia 5–6 tahun di TK Dahlia Milangodaa.

References

Aisy, N. (2019). Perkembangan motorik halus anak usia dini. pp. 52-65.

Agus, R. M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kriteria Layanan Bantuan:Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Penjasorkes Slb Pkk Bandar Lampung. 2, 186-197.

Ahmad, S. (2012). perkembaangan anak usia dini. Jakarta: Kencana .

Andri Setia, N. (2020). Identifikasi perkembangan keterampilan motorik halus anak dalam berbagai kegiatan main di kelompok B.Yogyakarta: universitas negeri yogyakarta.

Asma, H. O. (2008). Nahu kemas kini. malaysia: PTS professional.

Badriah, S. (2024). Pengaruh Game Edukasi Berbasis Wordwall Terhadap Perkembangan Kongnitif Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 6, 119-133.

Balowa, C. U. (2020). penilaian kecerdasan anakmelalui aspek perkembangan kongnitif. Jambura Early Childhood Education Journal, 2, 91-98.

Charlesworth, R., & Lind, K. K. (2010). math & science for your children.

Ismaulinda, W., Azizah, N., & Dra Wiwik Widajati., M. (n.d.). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak kelompok A di Tk Taruna Bhakti Tambaksari Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Epriliyansyah, A. (2019). Perancangan game pengenalan perhitungan untuk anak usia dini dengan metode RAD berbasis android.

Ervinda, L. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Tata Angka Terhadap Perkembangan Kecerdasan Logika-Matematika Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Airtiris Kampar. Pekan Baru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Febriani, A., & Diansyah, A. (2024). Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 4 - 5 Tahun di Kota Pekan Baru. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 9, 100-108.

gonibala, s. n. (2023). pengaruh media permainan bola angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di Tk negeri mentessori kecamatan dungingi kota gorontalo. gorontalo: universitas negeri gorontalo.

Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (21). Mengenal konsep bilangan melalui pembelajaran multimedia pada anak 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 9, 66-76.

Helnita, Suwaibah, Nasriadi, A., & Oktariani, R. (2024). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pemainan Balok Angka pada Anak Kelompok B di TK Seulanngan Jaya. Journal of Education Science (JES), 3, 1-5.

Hviantari, d. (2017). definisi kemampuan berhitung.

Imran, I. (2022). Upaya Peningkatan Stimulasi Motorik Halus Anak Melalui media Pembelajaran Digital Pada Tk Aisyiyah Bara 4 Kota Palopo. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo.

jogiyanto . (2018). penerapan kemampuan berhitung menggunakan aplikasi 123 numbers. semarang.

Juniarti, Y. . (2021). pengembangan aplikasi game edukasi dalam membentuk karakter anak. Widya Wacana Jurnal Ilmiah, 1 , 26-33.

Juniarti, Y., , & Gustiana, E. (2019). pengembangan sumber belajar bermain berbasis Mobile Learning. Jurnal pendidikan edutama, 6, 37-42.

Karunia, M. S., Wahyuningsih, S., & ewi, N. K. . (2019). Pemahaman konsep bilangan melalui penerapan model pembelajaran teams games tournaments pada anak usia 4-5. Jurnal Kumara Cendekia, 7, 187-198.

La-sule,S.,Wondal,R., & Mahmud,N. (2021). Pemanfaatan media pohon angka untuk mengenal konsep bilangan pada anak usia dini. Jurnal ilmiah cahaya paud, 3, 23-35.

Marsheilla Aguss, R. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun pada Era Normal. Education Journal, 2, 21-26.

Nafsia, A., Dan, E., Tuga, V., Palu, M. F., Guru, P., & Dasar, S. (2025). JURNAL CITRA PENDIDIKAN ANAK PENERAPAN MEDIA JAM NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN. 4(April), 181–189.

Nur Latifah, T. (2022). Pengembangan permainan 123 fruit berbasis digital untuk menstsimulasi kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. jurnal paud teratai, 2, 29-41.

Pratama, F. A., Fathurrohman, & Susilo, S. V. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan 1-20 Melalui Penggunaan Metode Bermain. Action Research Journal Indonesia, 1(3), 113–124.

Pango, K., & Janul Sari, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Penggunaan Media Balok Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan Anak (JCPA), 3, 1113-1121.

Pratami, R. D. (2022). Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Lampung: Uiversitas Lampung.

Putri, R. E. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. 34-41.

Putri, Y. F., & Wulandari, Y. T. (2022). Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam AnakUsia Dini, 6, 155-163.

Putrisari, D. (2023). upaya meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan melipat di TK PKK kota gajah lampung tengah. fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama ismam metro.

Rachmawati, Y. H. (2020). Pengaruh Media Digital terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. 2, 85-92.

Rachmawati, Y., , & Kurniawati, H. (2020). Pengaruh Media Digital terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. jurnal pendidikan anak usia dini, 2, 85-92.

Rahmadani, P. (2023). peningkatan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini melalui balok angka di raudhatulathfal arafah. padangsidimpuan: universitas islam negeri.

Safitri, L. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 tahun melalui kegiatan memegang pencil. Jurnal Dunia Anak Usia Din, 4, 492-502.

Samatowa, U. (2017). metodologi pengembangan sains anak usia dini. yogyakarta : Zahir Puplishing.

Sari, R. (2018). Pengaruh Permainan Dadu Angka Dalam Meningkatkan Logika Matematika Anak Usia Dini Di Paud Nurul Iman Kota Bengkulu. Bengkulu: Institut Agama Islam Bengkulu .

Slamet , S. (n.d.). pembelajaran untuk anak Tk. Jakarta: Hikayat .

Sofia, A., Yulistia, A., & Widayati, P. (2023). Persepsi orang tua terhadap pembelajaran calistung anak usia 5-6 tahun. Jambura Early Childhood Education Journal, 5, 130-142.

sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutisna, I.,, & Pauweni, A. A. (2024). Pengaruh Media Loose PartTerhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK. 4, 67-81.

Syahputra, H., & Yuliani, N. (2021 ). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Digital Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. 123-130.

Taufik M,T,J. (2021). Aplikasi pembelajaran pengenalan angka berbasis android pada Tk Aisyah Ambarawa Barat .

Umaternate, W., & Haryati, H. N. (2020). penerapan media gelas angka dalam pengembangan kemampuan kongnitif anak mengenal lambang bilangan 1-10. pendidikan guru pendidikan anak usia dini, 3, 17-29.

Usman, S. (2017). metodologi pengembangan sains anak usia dini. yogyakarta: Zahir Publishing.

Yulia, , Purba,, B., & Nasir, J. (2019). Aplikasi Android Edugame Matematika.

Wahyuni, S., Zulkifli, N., & Hukmi, S. (n.d.). The Influence Of Playing Jump Numbers To Know Concept Number Ability Of Child Age 4-5 Years In Tk Agape Tampan Sub Distric Pekanbaru City Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Agape. 1–15.

Published
2025-07-30