Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

  • Anna Wahyuni Arifin Jurusan PG-PAUD Universitas Negeri Gorontalo
  • Apriyanto J Pauweni Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: the role of the teacher, language development, early childhood

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peran guru terhadap perkembangan bahasa pada anak di TK Mekar desa Hulawa Kec. Talaga Kab. Gorontalo masih kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peran guru dalam mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Hasilnya yaitu guru di sekolah tersebut tidak melaksanakan perannya secara optimal, guru belum memaksimalkan keterlibatan anak-anak dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru hanya menerapkan metode menulis dan penyerahan materi saja. Guru tidak menerapkan metode yang bisa melatih aspek perkembangan bahasa anak seperti metode bercerita, bernyanyi, Tanya jawab atau berkomunikasi dengan anak lainnya secara langsung, sehingganya anak menjadi merasa bosan dan malas mengikuti pelajarannya dan menjadikan aspek perkembangan bahasa anak tidak berkembang dengan baik. Kesimpulannya, guru sebagai pendidik harus lebih mengoptimalkan perannya dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak karena guru sangat berperan penting dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal.

References

Suyadi, Maulidya Ulfah. 2016. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rini. (2017). Peran guru dalam pengembangan bahasa lisan pada anak usia 5-6 tahun. Journal of Childhood Education, 2017.
Endah, Silawati. (2010). Stimulasi guru pada pembelajaran bahasa anak usia dini.
Willdan AmzamStiawan (2019). Stimulasi guru terhadap perkembangan bahasa anak TK. Diakses tanggal 22 oktober 2019 dari https://www.kompasiana.com
Published
2019-07-15