Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Asesmen perkembangan merupakan upaya yang dilakukan untuk menganalisis data yang terkait dengan perkembangan suatu aspek yang dilalui anak. Penelitian ini dilatar belakngi bagaimana mengasesmen pencapaian perkembangan sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengasesmen perkembangan sosial emosioanl serta bagaimana cara meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan prosedur tahap pralapngan, kegiatan lapangan dan analisa data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan sosial emosional setiap anak berbeda-beda. Ada anak yang sudah mampu berinteraksi dengan lingkungan dan mampu mengendalikan emosionalnya. Namun, ada pula anak yang masih belum mampu yaitu dapat dilihat dari kurangnya percaya diri anak dan sikap anak yang masih memiliki ego yang cukup tingi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perkembangan sosial emosional di TK PGRI Beringin Mardia sangat bervariasi. sehingga perlu adanya program guru untuk mengasesmen setiap perkembangan sosial emosional anak yang terjadi setiap harinya.
References
Metode Outbound Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Emosional Anak. Vol.3 No.(1)
Marlisa. (2012). Penggunaan Metode
Bercerita Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.
Martani W. (2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Vol.39 No.(1). 112-120
Mulyasa, H.E (2012). Manajemen PAUD. Rosdakarya. Indonesia
Novianti R, Dkk. (2014). Pemetaan
Kemampuan Guru PAUD Dalam Melaksanakna Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Pekanbar. Vol.8 No.(1). 1 – 104
Nugrahaningtyas D.R. (2014) Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4 - 6 Tahun Di Panti Asuhan Benih Kasih Kabupaten Sragen. Vol.3 No. (2)
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan
Sosial Emosional Pada Anak Usia Din., 23 (2) 103-111.
Suyadi. (2016). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya
Suyadi, Ulfah. (2015). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Wahyudin, UH, Agustin M. (2014) Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Refika Aditama
Copyright (c) 2019 Yuwita Dabis,Yenti Juniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






