Media Bahan Alam: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui media bahan alam anak usia 4-5 tahun di TK Hikma Lamasi, Kabupaten Luwu. Design penelitian yang digunakan yai tu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan II siklus dengan jumlah subyek sebanyak 15 anak. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data dari wawancara selama penelitian untuk langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari pre- intervensi, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal warna melalui media bahan alam, dibuktikan dengan rata-rata indikator yangdidapat pada Pra Siklus yaitu 31.66% dari 15 anak dan nilai rata-rata indikatorpada siklus pertama tingkat keberhasilannya mencapai 55.41% kemudian pada siklus kedua setiap indikator kreativitas anak mengalami peningkatan menjadi 98.75 %.
abstract
This study aims to describe the learning process in improving the ability to recognize colors through natural media and find the best way from natural media to improve the ability to recognize colors through natural materials for children aged 4-5 years at Hikma Lamasi Kindergarten, Luwu Regency. The research design used was Classroom Action Research using 2 cycles with 15 subjects. The research data were obtained using observation and documentation instruments. The data analysis technique used in this research is qualitative and quantitative data analysis. Qualitative data analysis by analyzing data from interviews during the study for data reduction steps, data display and data verification. quantitative data analysis with descriptive statistics comparing the results obtained from pre-intervention, cycle I and cycle II. The results showed an increase in the ability to recognize color through natural media, as evidenced by the average indicator obtained in the pre-cycle, namely 31.66% of 15 children and the average value of indicators in the first cycle, the success rate reached 55.41% then in the second cycle each indicator children's creativity has increased to 98.75%.
References
Ambarita, J., & Purnamasari, I. (2020). Kreativitas Guru Paud Dalam Pembuatan Media Limbah (Paint Teachers Creativity In Making Education Game- Based Learning Media From Natural And Waste Materials). DIDAXEI:Jurnal Pendidikan, 1(1), 20–34.
Baiti, N. (2021). Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini.
Dunn, A. M., Hofmann, O. S., Waters, B., & Witchel, E. (2011). Cloaking Malware With The Trusted Platform Module. In Proceedings Of The 20th USENIX Security Symposium (Pp. 395–410).
Fitri, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.33369/Jip.2.1
Hapsari, R., Kognitif, P., Melalui, A., Mengelompokkan Benda Dengan Media, K., & Warna, B. (2020). GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 1, Mei 2020 Pengembangan KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENGELOMPOKKAN BENDA DENGAN MEDIA. 3, 18–24.
Hidayati, S. R. S. W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 24. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Yaabunayya/Article/View/6683/4245
Hurlock, E. (1978). Perkemba-Ngan Anak (P. 123).
Jaya, I., & Ardat. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/2500/1/ISI PENERAPAN STATISTIK ARDAT.Pdf
Khaironi, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, 4(02), 261–266. Https://Doi.Org/10.29408/Jga.V4i02.2272
Kurniati, I. D., Setiawan, R., Rohmani, A., Lahdji, A., Tajally, A., Ratnaningrum, K., Basuki, R., Reviewer, S., & Wahab, Z. (2015). Buku Ajar.
Luh Putu Widiastini1, I Gede Raga2, N. K. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Meronce Anak Kelompok B Di Tk Nurul Mubin. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPAUD/Article/View/3336/2738
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. Https://Doi.Org/10.24252/Lp.2009v12n1a4
Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.8.3.1737-1746.2022
Setiadi, H. (2016). PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013 Pendahuluan Pada Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Telah Mulai Diberlakukan Kurikulum 2013 Di Selu- Ruh Indonesia Yang Merupakan Pembaharu- An Dan Penyempurnaan Ku. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Shobary, M., Riana, D., & Sanjaya, R. (2014). Pencampuran Tiga Warna Primer Dan Pengenalan Bentuk Geometri Pada Paud Al-Muslimun. Jurnal Informatika, I(2), 165–173.
Sofyan, H. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya.
Sudarsono, B. (2017). Memahami Dokumentasi. Acarya Pustaka, 3(1), 47. Https://Doi.Org/10.23887/Ap.V3i1.12735
Sumiyati, & Yuliani, D. R. (2016). Hubungan Stimulasi Dengan Perkembangan Anak 4-5 Tahun Di Desa Karang Tengah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Jurnal LINK, 12(1), 34–38. Http://Ejournal.Poltekkes-Smg.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Link
Suprihatin, A., & Masnun, M. (2019). Peningkatan Kreativitas Berbahasa Melalui. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 96–112.
Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak - Dadan Suryana - Google Buku. In Kencana (P. 365).
Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–39. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1197
Utaminingsih, S. (2010). Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan ( Studi Kasus Di Kota Tangerang Selatan ). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1)(4), 59–79. Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Proceedings/Article/View/2168
Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (Vol. 6, Issue 1). Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V6i1.1793
Copyright (c) 2023 muhammad yusuf, wahyuni ulpi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






