Pengetahuan Program Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Usia Dini

  • Andi Nur Rahmi Univeritas Negeri Makassar
  • Wa Ode Aprilia Per Maisuari Univeritas Negeri Jakarta
  • Sitti Nurhidayah Ilyas Univeritas Negeri Makassar
  • Usman Usman Univeritas Negeri Makassar
  • Herlina Herlina Univeritas Negeri Makassar
  • Rahayu Rahayu Universitas Sariwegading Makassar
Keywords: Kekerasan Anak, Pencegahan Kekerasan, Anak Usia Dini

Abstract

Lingkungan mempunyai dampak sangat besar pada tahapan tumbuh kembang anak. Meskipun beberapa lingkungan memberikan keamanan dan kehangatan, dampak lain lingkungan adalah memberikan pengaruh negatif. Kekerasan terjadi pada anak-anak karena terkena dampak dari lingkungannya. Setiap tahun jumlah kekerasan pada anak kian bertambah. Kekerasan yang dialami oleh anak bevariasi mulai dari kekerasan verbal hingga fisik anak. Sebenarnya perlindungan terhadap anak telah jadi perhatian penting bahkan tercantum dalam undang-undang. Selain itu, banyak pula lembaga-lembaga pemerintah dan non pemerintah yang berfokus kepada kesejahteraan anak. Namun, kekerasan pada anak bukanlah hal mudah untuk diatasi. Upaya pencegahan dan pemberantasan kekerasan terhadap anak sangat penting dan dihargai. Penting untuk memutus siklus pelecehan terhadap anak-anak, dan kebijakan pemerintah yang proaktif sangat berperan penting dalam mencapai tujuan ini. Studi ini menggunakan metode literature review untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis literatur terkait pengetahuan program pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan program: partisipasi komunitas, dukungan pihak berkepentingan, dan evaluasi yang berkelanjutan. Namun, juga menjadi tantangan seperti keterbatasan finansial, resistensi masyarakat, dan kurangnya koordinasi antar lembaga perlu diatasi agar program pencegahan dapat memberikan dampak positif yang signifikan. Penelitian selanjutnya dapat memperluas ruang lingkup dengan mengeksplorasi pengaruh budaya lokal, menggali perspektif anak-anak, dan memeriksa dampak inisiatif pendidikan publik. Perlu juga dilakukan studi yang lebih mendalam tentang evaluasi dan pengukuran dampak jangka panjang program.

References

Abdul, M. R., Rostitawati, T., Podungge, R., & Arif, M. (2020). Pembentukan akhlak dalam memanusiakan manusia: perspektif Buya Hamka. Jurnal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 1(1), 79–99. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/1279%0A

Afrinis, N., Indrawati, I., & Farizah, N. (2020). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Karies Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.668

Agus, A. I., Nurlim, R., Asnaniar, W. O. S., Alam, R. I., Padhila, N. I., Ernasari, E., & Ramli, R. (2023). Studi Literatur (Systematic, Narrative, Scoping, Argumentative, Theoritical). In Eureka Media Aksara.

Ananingsih, H. T., & Kurniawan, M. R. (2018). Persepsi Guru. Kepala Sekolah, Dan Wali Murid Tentang Fenomena Kekerasan Di Dunia Maya Terhadap Anak. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 183. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.665

Ashari, W. H., & Pebriyenni. (2022). Dampak Kekerasan Seksual pada Anak terhadap Perkembangan Hubungan Sosial (Studi Kasus di Kabupaten Rejang Lebong). E-Jurnal Universitas Bung Hatta, 1–7.

Fadlyana, E., & Larasaty, S. (2016). Pernikahan Usia Dini dan Permasalahannya. Sari Pediatri, 11(2), 136. https://doi.org/10.14238/sp11.2.2009.136-41

Gusman, L. O., Negeri, U., & Sartika, E. (2023). Program Program Kknt Di. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Haryono, A., Rindiarti, A., Arianti, A., Pawitri, A., Ushuluddin, A., Setiawati, A., Reza, A., Wawolumaja, C. W., & Sekartini, R. (2016). Prevalensi Gangguan Tidur pada Remaja Usia 12-15 Tahun di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Sari Pediatri, 11(3), 149. https://doi.org/10.14238/sp11.3.2009.149-54

Joglo, K., Barat, J., & Joglo, K. (2021). Yutika Irfani Lindawati dan Niessa Ridho Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , Indonesia Diterima : Abstrak Direvisi : Disetujui : Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Emosi Remaja Pendahuluan. 1, 846–852.

Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam, 12(1), 87–101. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.782

Putra, Y. A. D., & Yunanto, Y. (2023). Perlindungan Hukum Seorang Anak Sebagai Pemohon Dispensasi Kawin Pasca Revisi Undang-Undang Perkawinan. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 5(1), 457–466. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v5i1.2403

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Siregar, R. A. (2019). Ancaman Narkoba Bagi Generasi Muda Dan Upaya Pencegahan Serta Penanggulangannya. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 143–153. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1284

Sopyandi, S., & Sujarwo, S. (2023). Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan dan Pencegahannya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 19–25. https://doi.org/10.37304/jpips.v15i1.9448

Ulhaq, dr. Z. S. (2018). Panduan Penulisan Skripsi : Literatur Review. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 32.

Wu, W., Ding, W., Xie, R., Tan, D., Wang, D., Sun, B., & Li, W. (2022). Bidirectional Longitudinal Relationships between Maternal Psychological Control and Bullying/Victimization among Father-Absent Left-Behind Children in China. Journal of Interpersonal Violence, 37(17–18), NP15925–NP15943. https://doi.org/10.1177/08862605211022062

Published
2025-07-30