Pengembangan Media Video Can You Do Like This? (COOLT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun

  • Nur Aisia Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Mallevi Agustin Ningrum Univeritas Negeri Surabaya
  • Dhian Gowinda Luh Safitri Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Media Video, Video COOLT

Abstract

Secara umum keterampilan motorik anak terbagi menjadi dua, yaitu motorik halus dan motorik kasar. Hal yang mendasari pelaksanaan penelitian ini yaitu pentingnya kemampuan motorik kasar untuk anak dikarenakan anak yang memiliki keterampilan motorik kasar yang baik cenderung memiliki tingkat intelektual yang tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan produk video Can You Do Like This atau COOLT yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun. Penelitian menggunakan jenis R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Rancangan penelitian yang digunakan yaitu tipe one group pretest-posttest dengan sampel sejumlah 13 anak yang berusia 3-4 tahun di Tessaban 2 School Bansadao, Thailand. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengisian angket, dan wawancara. Proses analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Wilcoxon’s Signed Rank test. Skor yang diperoleh sebesar 0,001 yang mana kurang dari 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media ‘COOLT’ terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di lembaga Anuban Tessaban 2 School Bansadao, Thailand.

References

Adhe, Kartika Rinakit, Rohmatul Maulidiya, Muchamad Arif Al Ardha, Wulan Patria Saroinsong, and Sri Widayati. 2020. “Learning During the Covid-19 Pandemic: Correlation Between Income Levels And Parental Roles.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.554.

Andrea, Kristian, Emirald Çela, Danida Jupe, and Shkëlqim Muhameti. 2020. “MOVEMENT ACTIVITY OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS.” The European Journal of Education and Applied Psychology. doi: 10.29013/ejeap-20-4-44-51.

Arindi, Metri, Tine Silvana Rachmawati, and Fitri Perdana. 2023. “Aktivitas Berbagi Pengetahuan Dalam Meningkatkan Literasi Fisik Anak Usia Dini Studi Kasus Di Motoricshool Halo Kids Indonesia.” Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO). doi: 10.31539/jpjo.v7i1.7368.

Bautista, Alfredo, and Yan Lam Ho. 2021. “Music and Movement Teacher Professional Development: An Interview Study with Hong Kong Kindergarten Teachers.” Australasian Journal of Early Childhood. doi: 10.1177/18369391211014759.

Djuanda, Isep, and Putri Adipura. 2020. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola.” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam. doi: 10.15408/kordinat.v19i2.18854.

Doyan, Aris, Susilawati Susilawati, and Hardiyansyah Hardiyansyah. 2020. “Development of Natural Science Learning Tools with Guided Inquiry Model Assisted by Real Media to Improve Students’ Scientific Creativity and Science Process Skills.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. doi: 10.29303/jppipa.v7i1.485.

García-Marín, Pablo, and Natalia Fernández-López. 2020. “Motor Skills Competence in Preschool Education.” Apunts. Educacion Fisica y Deportes. doi: 10.5672/APUNTS.2014-0983.ES.(2020/3).141.03.

Intaniasari, Yossinta, Ratnasari Diah Utami, Eko Purnomo, and Aswadi Aswadi. 2022. “Menumbuhkan Antusiasme Belajar Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Sekolah Dasar.” Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran. doi: 10.23917/bppp.v4i1.19424.

Laure, Maruša, and Katarina Habe. 2024. “Stimulating the Development of Rhythmic Abilities in Preschool Children in Montessori Kindergartens with Music-Movement Activities: A Quasi-Experimental Study.” Early Childhood Education Journal. doi: 10.1007/s10643-023-01459-x.

Lestari, Susetya Diah, and Intan Puspitasari. 2021. “Aktivitas Permainan Estafet Bola Modifikasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1024.

Ningrum, M. A., E. C. Maulidiyah, and ... 2020. “Pelatihan Pembuatan Fun Games Bagi Guru PAUD Di Kabupaten Jombang Jawa Timur.” Jurnal Pengabdian Pada ….

Ningrum, Mallevi Agustin, Lischa Dwi Christin Niya, and Maziyatul Hamidah. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Halang Rintang Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.31004/obsesi.v7i5.4868.

Pahenra, Pahenra, Hadija Selman, Rohmania Rohmania, Nasir Nasir, Hasmirah Said, Umalya Sasnita, and Tri Indah Rusli. 2021. “Sirkuit Bola Keranjang: Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1077.

Praveen, C. K., and Kathiravan Srinivasan. 2022. “Psychological Impact and Influence of Animation on Viewer’s Visual Attention and Cognition: A Systematic Literature Review, Open Challenges, and Future Research Directions.” Computational and Mathematical Methods in Medicine.

Spatioti, Adamantia G., Ioannis Kazanidis, and Jenny Pange. 2022. “A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education.” Information (Switzerland).

Tandon, Pooja, Nail Hassairi, Janet Soderberg, and Gail Joseph. 2020. “The Relationship of Gross Motor and Physical Activity Environments in Child Care Settings with Early Learning Outcomes.” Early Child Development and Care. doi: 10.1080/03004430.2018.1485670.

Vazou, Spyridoula, Brenna Klesel, Kimberley D. Lakes, and Ann Smiley. 2020. “Rhythmic Physical Activity Intervention: Exploring Feasibility and Effectiveness in Improving Motor and Executive Function Skills in Children.” Frontiers in Psychology. doi: 10.3389/fpsyg.2020.556249.

Xu, Chenchen, Mingyan Yao, Mengxue Kang, Guanting Duan, and Danilo Sales Bocalini. 2020. “Improving Physical Fitness of Children with Intellectual and Developmental Disabilities through an Adapted Rhythmic Gymnastics Program in China.” BioMed Research International. doi: 10.1155/2020/2345607.

Yahya Putra, Andhika. 2020. “Strategi Pembelajaran Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. doi: 10.14421/jga.2020.54-03.

Published
2025-07-30