Deskripsi Pembelajaran Sains Anak Menggunakan Media Audio Visual Kelompok B Di TK Harapan Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo
Keywords:
Pembelajaran, Sains, Anak Menggunakan, Media Audio Visual
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk ‘’ Mendeskripsikan Pembelajaran Sains Anak Kelompok B Di TK Harapan Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo’’. Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun berjumlah 22 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah anak-anak menunjukkan keaktifan dalam pembelajaran sains anak. Adapun pembelajaran sains anak yang mereka lakukan terdiri dari (5) aspek penilaian seperti mengamati, membandingkan, membuat kelompok, mengukur, dan mengkomunikasikan. Akan tetapi pada aspek membandingkan terlihat anak mengalami sulit membandingkan seperti membandingkan angka dan huruf, sedangkan pada aspek mengkomunikasikan sudah bagus seperti menyampaikan hasil karyanya dalam memperlihatkan gambar mereka. Oleh karena itu, pembelajaran sains anak Kelompok B Di TK Harapan Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah berkembang dengan baik.Kata Kunci: Pembelajaran Sains Anak Menggunakan Media Audio Visual
References
Abyadh, A., & Abyadh, A. (2023). Kata kunci : Sains, Anak Usia Dini EARTH AND SPACE SCIENCE IN EARLY CHILDHOOD Mardiyana Faridhatul Anawaty, Selfi Lailiyatul Iftitah Prodi PAUD Universitas Trunojoyo Madura, Prodi PIAUD IAIN Madura. 6(1), 35–40.
Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 57.
Adrina, I., Basri, M., & Devianty, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Proyek di Raudhatul Athfal Al-Maarif Stabat. 7, 22053–22059.
Arab, B., Sekolah, D. I., Masjid, D., & Yogyakarta, S. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN. 6, 143–153.
Arum Sekar Sari, W. (2021). Pentingnya Sains dan Peran Orangtua dalam Pengajaran Sains kepada Anak di Rumah. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–66. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.
Budianto, A. (2022). Supervisi Klinis Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Inkuiri Di SD Negeri Jrebeng I Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(2), 120–140. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/28
Eliamah, E., Wahira, W., & Alam, K. (2022). Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (AUD) Melalui Pembelajaran Sains. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah. Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 71. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.
Hesrawati, E. D. (2023). Pengaruh Media Televisi Online Terhadap Kemampuan Literasi Digital Anak Usia Dini. 8, 1119–1127.
Hidayati, R. N. (2021). Implementasi Model Assure Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mi Nurul Hidayah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131–148. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1829
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Jayawardana, H. B. ., Gita, R. S. D., & Silalahi, A. (2022). Analisis Penggunaan Berbagai Macam Media Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 71–75. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.705
Magdalena, D. I. (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran Sains.
Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pembelajaran Sains bagi Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Masa Belajar dari Rumah. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–8. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/download/1461/1255
Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). PengaruhPengembangan Media Ajar Visual Terhadap Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika Secara Visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113.
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Sari, L. D., & Wulandari, R. (2023). Media Pembelajaran di Kelompok Bermain. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(2), 99–103.
Indriasari, T. T., Mardiah, S. S., & Nurvita, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Audio Visual Terhadap Pengetahuan Anak Di Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia,16 (2), 219–227. https://doi.org/10.37058/jkki.v16i2.2580
Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 57.
Adrina, I., Basri, M., & Devianty, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Proyek di Raudhatul Athfal Al-Maarif Stabat. 7, 22053–22059.
Arab, B., Sekolah, D. I., Masjid, D., & Yogyakarta, S. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN. 6, 143–153.
Arum Sekar Sari, W. (2021). Pentingnya Sains dan Peran Orangtua dalam Pengajaran Sains kepada Anak di Rumah. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–66. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.
Budianto, A. (2022). Supervisi Klinis Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Inkuiri Di SD Negeri Jrebeng I Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(2), 120–140. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/28
Eliamah, E., Wahira, W., & Alam, K. (2022). Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (AUD) Melalui Pembelajaran Sains. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah. Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 71. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.
Hesrawati, E. D. (2023). Pengaruh Media Televisi Online Terhadap Kemampuan Literasi Digital Anak Usia Dini. 8, 1119–1127.
Hidayati, R. N. (2021). Implementasi Model Assure Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mi Nurul Hidayah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131–148. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1829
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Jayawardana, H. B. ., Gita, R. S. D., & Silalahi, A. (2022). Analisis Penggunaan Berbagai Macam Media Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 71–75. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.705
Magdalena, D. I. (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran Sains.
Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pembelajaran Sains bagi Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Masa Belajar dari Rumah. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–8. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/download/1461/1255
Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). PengaruhPengembangan Media Ajar Visual Terhadap Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika Secara Visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113.
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Sari, L. D., & Wulandari, R. (2023). Media Pembelajaran di Kelompok Bermain. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(2), 99–103.
Indriasari, T. T., Mardiah, S. S., & Nurvita, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Audio Visual Terhadap Pengetahuan Anak Di Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia,16 (2), 219–227. https://doi.org/10.37058/jkki.v16i2.2580
Published
2025-02-06
Section
Articles
Copyright (c) 2025 Aprilia Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






