Pengaruh Media Maze terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk pada Anak Kelompok B
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media maze terhadap kemampuan mengenal bentuk pada siswa kelompok B di TK Negeri Pembina Kwandang, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Mengenal bentuk merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini yang membantu pemahaman konsep dasar matematika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian adalah seluruh 20 anak di komunitas penelitian (total sampling). Alat yang digunakan adalah asesmen kemampuan mengenal bentuk yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Skor rata-rata meningkat antara hasil pra-tes dan pasca-tes, menurut temuan penelitian. Ada perbedaan 30,20 antara skor pra-tes rata-rata 30,40 dan skor pasca-tes 60,60. Skor signifikansi 0,200 (> 0,05) dari uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan layak untuk diuji secara statistik. Selain itu, perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perawatan ditunjukkan oleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05) berdasarkan temuan Uji Satu Sampel. Hal ini menunjukkan bagaimana penggunaan media maze membantu anak menjadi lebih mahir dalam mengidentifikasi bentuk. Menurut hasil penelitian, anak dalam kelompok B dapat meningkatkan keterampilan pengenalan bentuk dengan menggunakan media maze sebagai alat pembelajaran. Selain menarik perhatian anak, media maze mendorong partisipasi aktif dan keterampilan berpikir visual, yang memfasilitasi pengenalan bentuk-bentuk sederhana yang menyenangkan dan bermakna.
References
Akemad Wahyudi, A. I. H., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6216
Aliyah, N., Tabroni, I., Jixiong, C., & Wei, Z. (2023). Development of traffic maze media to stimulate problem of 4–5 years old children. Journal of Computer Science Advancements, 1(2), 92–102. https://doi.org/10.55849/jsca.v1i2.455
Anggraini, A. M., Oktamarina, L., & Hartatiana, H. (2024). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Al- Ikhwan Seri Bandung Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 147–162. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7441
Ginanjar, A. Y., Nugraha, F., & Nurhasanah, N. (2022). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1147
Haryanto, A. I. (2024). No Title METODE PENELITIAN. PT MEDIA PUSTAKA INDO.
Huriyati, E. (2017). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 147–154.
Khoiruddin, A. S. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), 38–43.
Kuswanto, A. V., & Suyadi, S. (2020). Sistematika Lieratur Review: Permainan Maze Dalam Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 51–61. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6712
Luh, W. I. N. (2021). No Title TEORI DAN APLIKASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Nurzhafirah, I., Natsir, T. A. L., Ashari, N., & Palintan, T. A. (2024). Pengembangan media maze dalam meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5 6 tahun. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 6(1), https://doi.org/10.24127/j-sanak.v6i01.7600
Mufarrochah. (2023). No Title MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik). CV. Adanu Abimata.
Pagamanda, R. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri. MAp (Mathematics and Applications) Journal, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.15548/map.v4i1.4191
Panggung, S. (2022). No Title PENGEMBANGAN DAN PEMBELAJARAN MOTORIK PADA ANAK USIA DINI. PT KANISIUS.
Risani, K. H., & Muthohar, S. (2024). Implementasi permainan mini maze mengemudi untuk peningkatan kognitif anak usia 4–5 tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 259–272. https://doi.org/10.32678/assibyan.v9i2.10706
Riyana, M., Fitrianti, H., Adiatma, T., Harahap, D. G. S., Potabuga, S. N., & Parkhurst, H. (2022). Literary study of playing activities to increase the mathematical geometric shapes concept understanding for early childhood students. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 150-158. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v5i2.
Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Maze Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562
Safitri, H., & Yaswinda, Y. (2023). Pengaruh Media Maze Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 22–37. https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i1.1263
Savitri, A. A., Elly, M. I., & Hudzafidah, K. (2023). Analisis Metode Indeks Sharpe, Treynor, Dan Jensen Untuk Menilai Kinerja Portofolio Saham Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Indeks Di Bursa Efek Indonesia. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i1.1312
Siti Komariah. (2022). Upaya menigkatkan kemampuan mengenal bentuk geoemtri melalui permainan lompat geoemtri pada anak kelompok b tk Diponegoro 109 pageraji. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(2), 105–112.
DOI: https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp105-112
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian. 2(3), 211–213.
Surianti, S. (2024). No Title Pendidikan Islam NON FORMAL DAN INFORMAL. All Rights Reserved.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yulianti, P., & Nurulita, N. (2023). Efektivitas penggunaan media maze dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial pada Kelompok A di PAUD Al Ikhsan Parung Bogor. Jurnal Anak Bangsa, 2(2), 260–268. https://doi.org/10.46306/jas.v2i2.45
Zega, J. N., & Susanto, Y. N. (2024). Media Pembelajaran Alam Dalam Proses Belajar Mengajar. Metanoia, 6(1). https://doi.org/10.55962/metanoia.v6i1.121
Zurlita, L., Naila Fauzia, S., Wati, I., Muliya Rizka, S., & Nessa, R. (2022). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jim Paud, 7(2), 57–68.
Copyright (c) 2025 Indah Pratiwi Maudara, Sri Wahyuningsih Laiya, Icam Sutisna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






