Pendidikan Jasmani Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal: Strategi Pengembangan Gerak Dasar Motorik
Abstract
Pendidikan jasmani anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan motorik dasar, yang menjadi fondasi utama perkembangan fisik dan kognitif anak. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji perkembangan gerak dasar anak usia dini melalui pendidikan jasmani yang berbasis kearifan lokal, khususnya melalui permainan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penyebaran angket dan observasi perkembangan motorik anak usia 4-6 tahun di beberapa lembaga PAUD di Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan berbasis kearifan lokal, seperti egrang, galah asin, dan congklak, mampu merangsang koordinasi motorik kasar dan halus anak secara alami dan menyenangkan. Rata-rata skor perkembangan motorik anak berada dalam kategori baik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran jasmani berbasis budaya lokal sebagai strategi efektif untuk mengembangkan gerak dasar anak usia dini
References
Aisyah, S., Tatminingsih, S., Chandrawati, T., & Novita, D. (2024). Stimulating Strategy High-order Thinking Skills in Early Childhood Education by Utilizing Traditional Games. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.21009/JPUD.181.05
Asfiati, A., Muslim, M., & Ramadhan, S. (2025). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Lokal Bima pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 790–804. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1445
Darni, H., Lili Kasmini, & Mardhatillah. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Merdeka Belajar di Taman Kanak-Kanak Nurul Iman Banda Aceh. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(1), 424–438. https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2505
Digdoyo, E. (2019). Rumah Puspo Budaya Nusantara sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui tari Nusantara. Integralistik, 30(1). https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i1.20778
Gultom, S., . B., Ampera, D., Endriani, D., Jahidin, I., & Tanjung, S. (2022). Traditional Games in Cultural Literacy to Build the Character of Elementary School Students during the COVID-19 Pandemic. NeuroQuantology, 20(5), 704–712. https://doi.org/10.14704/nq.2022.20.5.NQ22226
Halamury, M. F., Muliyani, M., Kakiay, S., Kainama, N., & Kristen, P. (2025). Phenomenological Study of Teachers’ and Early Childhood Children’s Experiences in Learning through the Joyful Learning Approach at PAUD Hatuhuran, Kairatu District, West Seram Regency. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 5(2), 302–310. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Harianja, S. I., Kartika, W., & Septiani, N. (2024). Implementasi Permainan Kalkulator Jari Untuk Melatih Numerasi Anak Usia Dini di TK Pertiwi Kuala Tungkal. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.641
Hasibuan, C. A., Harahap, N. H. S., Hayatun, T. A. C. V., Ritonga, R. E., & Amanda, Z. K. A. N. (2024). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 23–29. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol6.no1.a8721
Hidayah, F. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Soical Science Research, 3(5), 7942–7956.
Hidayati, N. N. (2020). Indonesian Traditional Games: a Way to Implant Character Education on Children and Preserve Indonesian Local Wisdom. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 81. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i1.2475
Komari, & Aslan. (2025). Jurnal Ilmiah Edukatif Menggali Potensi Optimal Anak Usia Dini: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 68–78.
Lani, A., & Wijayanto, A. (2021). Dinamika Perkembangan dan Pembelajaran Gerak Anak (1st ed.). Akademia Pustaka. www.akademiapustaka.com
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Mahbubi, M. (2024). Pelayanan Edukasi Budaya bagi Anak-anak Melalui Dongeng dan Permainan Tradisional di Qaryah Thayyibah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat JPBS, 3(1), 22–36. https://doi.org/10.23960/ELA
Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulus Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Maulina, I., Herawati, H., & Wihartati, I. (2024). Analisis Penerapan Permainan Tradisional Engklek pada Anak Usia Dini. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1, 4839–4857.
Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327
Moon, J., Yeo, S., Banihashem, S. K., & Noroozi, O. (2024). Using multimodal learning analytics as a formative assessment tool: Exploring collaborative dynamics in mathematics teacher education. Journal of Computer Assisted Learning, 40(6), 2753–2771. https://doi.org/10.1111/jcal.13028
Prasetyanto, T. A., & Suherman, W. S. (2022). Pengembangan model latihan kebugaran jasmani bagi siswa sekolah dasar kelas atas. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3, 91–102. https://doi.org/10.21831/jpok.v2i1.36815
Rahmiati, D., Suharini, E., & Widiyatmoko, A. (2025). Pengaruh Pembelajaran Kearifan Lokal di Jawa Barat dalam Melestarikan Budaya Tradisional bagi Siswa SD. FONDATIA, 9(2), 318–339. https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i2.5720
Asrowi, A., & Fahriyani, F. (2022). Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita Buku Bergambar. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 3(1). https://doi.org/10.55171/jaa.v3i1.639
Azmi, R., Astini, B. N., Rachmayani, I., & Fahruddin, F. (2023). Pengembangan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2557–2565. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1795
Christien Languju, M., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal melalui Project Based Learning. Prosiding Seminar NasionalPendidikan STKIP Kusuma Negara III, 74–82.
Haingu, R. M., & Leda, R. (2021). Workshop Tentang Media Pembelajaran Komunikasi Yang Baik Bagi Anak Usia Dini Pada TK Tunas Harapan Weetebula Di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19, 651–657.
Hardiati, A., & Rangkuti, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Berbicara Anak di Paud Arifah Kec. Medan Perjuangan T.A 2021-2022. Education & Learning, 2(2), 127–129. https://doi.org/10.57251/el.v2i2.418
Istiharini. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Aikmel. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 176–196.
Muazar Habibi, M., Kadir Jaelani, A., & Nilawati Astini, B. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–130. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2356
Musrina, & Sherly. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri 9 Kota Sabang. 4(1), 1–11.
Noviyanti, R. F., & Millah, S. (2019). Peningkatan Perkembangan Bahasa. Tarbiyah Al-Aulad |, 4(1), 87–96.
Nurannisa, N., Iyan Royani, & Ulfah Aisyah. (2023). Komunikasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Salsabila Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 168–174. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2038
Putri, M. S., & Yudha, R. P. (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Jari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6101–6107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2516
Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x
Rahmawati, F., Damayanti, M., & Aprilia, C. (2023). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Belajar Anak Melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Smart Paud, 6(1), 42–52.
Ramadan, G., & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D.
Ramdani, H., Sopiatun, M., & Wijayanti, H. (2023). Workshop Pembuatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam membantu Perkembangan Motorik Kasar Anak Di tsa Samuphahita Kota Malang. 3(12). https://doi.org/10.17977/um067.v3.i12.2023.5
Rohmani, I. (2019). Penerapan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kreativias Anak Usia Dini.
Sit, M., Sitorus, M., Triowati, T., & Sitorus, J. (2024). Optimizing Early Childhood Communication Skills Through Question Board Media. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i1.1988
Sriyanti, S., & Putri, N. D. A. (2023). Implementasi Media Boneka Jari Melalui Kegiatan Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(1), 51. https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7297
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
Sumbawa, R. O., Munawar, M., & Dewi Sagala, A. C. (2022). Pola Komunikasi Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Hots Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Paud Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.13245
Sundari, E. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Veryawan, V., & Jellysha, J. (2020). Kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui permainan kata orak-arik. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1455
Wiratnaningsih, W. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik di TK Anggrek Kencana Batang. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 107–112. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.45
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar sebagai Stimulus Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1), 64–72.
Sahudi, U., Priyono, A., & Saputra, Y. M. (2021). Effects of Ular Tangga Games on the Development of Locomotor Skills in Elementary School. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4A), 119–124. https://doi.org/10.13189/saj.2021.091320
Salim, N. A. (2022). Integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini: menilai dampaknya pada perkembangan kognitif. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 96–107. https://doi.org/10.24903/jw.v7i2.1533
Saputri, D. A. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Gobag Sodor dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. gama Islam Negeri Metro.
Setiawan, A. R., & Avivah, U. N. (2022). Importance of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31237/osf.io/9324s
Shonkoff, J. P. (2010). Building a New Biodevelopmental Framework to Guide the Future of Early Childhood Policy. Child Development, 81(1), 357–367. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2009.01399.x
Srivastava, R. N. (2020). Early Childhood Care and Education. Indian Pediatrics, 57(9), 793–794. https://doi.org/10.1007/s13312-020-1953-0
Stodden, D. F., Pesce, C., Zarrett, N., Tomporowski, P., Ben-Soussan, T. D., Brian, A., Abrams, T. C., & Weist, M. D. (2023). Holistic Functioning from a Developmental Perspective: A New Synthesis with a Focus on a Multi-tiered System Support Structure. Clinical Child and Family Psychology Review, 26(2), 343–361. https://doi.org/10.1007/s10567-023-00428-5
Sudaryanti, Prayitno, Arifiyanti, N., & Maharani, O. (2024). Pengembangan Kemampuan Motorik dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 114–125. https://journal.uny.ac.id/v3/jpa
Timmons, B. W., LeBlanc, A. G., Carson, V., Connor Gorber, S., Dillman, C., Janssen, I., Kho, M. E., Spence, J. C., Stearns, J. A., & Tremblay, M. S. (2012). Systematic review of physical activity and health in the early years (aged 0–4 years). Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, 37(4), 773–792. https://doi.org/10.1139/h2012-070
Williams, P., Sheridan, S., & Sandberg, A. (2014). Preschool – an arena for children’s learning of social and cognitive knowledge. Early Years, 34(3), 226–240. https://doi.org/10.1080/09575146.2013.872605
Yuliandra, R., Gumantan, A., & Pratomo, C. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4190–4198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4391
Copyright (c) 2025 Udi Sahudi, Maya Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






