Korelasi Antara Self Efficacy dengan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara self efficacy dengan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode korelasional, analisis statistic yang digunakan adalah analisis korelasi brivariat yang dilakuaan dengan bantuan SPSS 24 dan menggunakan rumus uji korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota jambi yang berjumlah 78 orang yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian diambil dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menerangkan bahwa terdapat hubungan antara self efficacy dengan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis dimana r hitung sebesar 0.633 dengan r tabel sebesar 0,2227 pada tingkat signifikansi (α) 0,05 (0,633 > 0,2227) dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang memadai antara self efficacy dengan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi.
References
Desmita. Psikologi Perkembangan. 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayati. H. 2015. Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Minat Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi pada Siawa Kelas XI SMA Negeri 1 Kretek. Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 11 Tahun Ke-4. Akses: 18-12-2020
Iffah, H.M., dan Pratiwi, T.I. 2013. Layanan Informasi Karir melalui Media Monopoli untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti. Jurnal BK UNNESA, 3(1), 183-190. Akses: 18-12-2020.
Jiang, Z., & Park, D.S. 2012. Career Decision-Making Self-Efficacy as a Moderatorin The Relationships of Entrepreneurial Career Intention with Emotional Intelligence and Cultural Intelligence. African Journal of Business Management, 6(30), 8862-8872. https://doi.org/10.5897/AJBM11.1816. Akses: 27-01-2021.
Kurniawati, Y.I., dan Rifai, M.E. 2018. Pentingnya Layanan Informasi Karier dan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa. Sukoharjo: CV Sindunata.
Kustiani, K.P., Sugiharto, D.Y.P., & Anni, C.T. 2018. Minat Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy dan Aspirasi Orangtua. Psychocentrum Review, 1(1), 17-26. http://doi.org/10.30998/pcr.115. akses: 17-12-2020.
Putra. S. A., Daharnis. Syahniar. 2013. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(2), 1-6. Akses: 29-01-2022.
Santrock, J, W. 2007. Psikologi Pendidikan: Edisi 2. Penerjemah: Wibowo BS, Tri. Jakarta: Kencana.
Satria, B., dan Wahyuni, S. 2015. Self Efficacy Keputusan Karier pada Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Keprawatan: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 6(3), 10-18. Akses: 17-12-2020.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutja, A. dkk. 2017. Penulisan Skripsi: Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi.
Widyastuti, R. J., Pratiwi, T. I. 2013. Pengaruh Self Efficacy Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kemantapan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK UNNESA, 3(1), 231-238. Akses: 18-12-2020
Copyright (c) 2022 Nurbaiti Trisetiani, Freddi Sarman, Nelyahardi Gutji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.









