Penerapan Teknik Kejutan Verbal untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa
Abstract
Permasalahan Pokok yang dikaji dalam penelitian ini yaitu meningkatkan self esteem siswa dengan Teknik Kejutan Verbal. Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui gambaran penerapan teknik kejutan verbal,(2) Mengetahui tingkat self esteem siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik kejutan verbal, (3) Mengetahui pengaruh teknik kejutan verbal dalam meningkatkan self esteem siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental, one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar yang teridentifikasi memiliki self esteem rendah dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 9 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik kejutan verbal melalui konseling kelompok terdiri dari lima tahap yaitu membangun lingkungan konseling, eksplorasi wants and needs, eksplorasi doing and direction, evaluasi diri serta rencana dan tindakan dimana siswa penuh antusias pada setiap tahap yang dilaksanakan, (2) Tingkat self esteem siswa sebelum diberikan teknik kejutan verbal berada pada kategori rendah kemudian mengalami peningkatan setelah diberikan teknik kejutan verbal yaitu berada pada ketegori sedang, (3) Teknik kejutan verbal berpengaruh signifikan dalam penigkatan self esteem siswa.
References
Corey, Gerald. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Diterjemahkan oleh Koeswara. Bandung: Refika Aditama
Halimah, Lilin dan Elcamila, Faya Noorhalia. (2010). Self Esteem dan Relasi Interpersonal Penyandang Tunarungu di Lembaga Deaf ‘n Dum. Humanitas Indonesian Psychological Journal Vol.7 No.2, (Online)
Komalasari, Gantina dan Wahyuni, Eka & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT.Indeks.
Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Diterjemahkan oleh Haris Setiadjid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santrock, Jhon W. (2002). Life Span Development I Perkembangan Masa Hidup. Diterjemahkan oleh Achmad Chusairi dan Juda Damanik. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, Wida dan Warsito, Hadi. (2009). Artikel: Penerapan Konseling Realita untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa, Jurnal BK UNESA Vol 1 No.1. (Online).
Copyright (c) 2020 Idriani Idris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.