Penerapan Teknik Kejutan Verbal untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa

  • Idriani Idris Universitas Negeri Gorontalo
  • Arni Ulan Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Tompobulu
Keywords: Self Esteem, Teknik Kejutan Verbal

Abstract

Permasalahan Pokok yang dikaji dalam penelitian ini yaitu meningkatkan self esteem siswa dengan Teknik Kejutan Verbal. Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui gambaran penerapan teknik kejutan verbal,(2) Mengetahui tingkat self esteem siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik kejutan verbal, (3) Mengetahui pengaruh teknik kejutan verbal dalam meningkatkan self esteem siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental, one group pretest-posttest  design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar yang teridentifikasi memiliki self esteem rendah dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 9 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik kejutan verbal melalui konseling kelompok terdiri dari lima tahap yaitu membangun lingkungan konseling, eksplorasi wants and needs, eksplorasi doing and direction, evaluasi diri serta rencana dan tindakan dimana siswa penuh antusias pada setiap tahap yang dilaksanakan, (2) Tingkat self esteem siswa sebelum diberikan teknik kejutan verbal berada pada kategori rendah kemudian mengalami peningkatan setelah diberikan teknik kejutan verbal yaitu berada pada ketegori sedang, (3) Teknik kejutan verbal berpengaruh signifikan dalam penigkatan self esteem siswa.

References

Corey, Gerald. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Diterjemahkan oleh Koeswara. Bandung: Refika Aditama

Halimah, Lilin dan Elcamila, Faya Noorhalia. (2010). Self Esteem dan Relasi Interpersonal Penyandang Tunarungu di Lembaga Deaf ‘n Dum. Humanitas Indonesian Psychological Journal Vol.7 No.2, (Online)

Komalasari, Gantina dan Wahyuni, Eka & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT.Indeks.

Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Diterjemahkan oleh Haris Setiadjid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, Jhon W. (2002). Life Span Development I Perkembangan Masa Hidup. Diterjemahkan oleh Achmad Chusairi dan Juda Damanik. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Wida dan Warsito, Hadi. (2009). Artikel: Penerapan Konseling Realita untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa, Jurnal BK UNESA Vol 1 No.1. (Online).

Published
2020-04-27
How to Cite
Idris, I., & Ulan, A. (2020). Penerapan Teknik Kejutan Verbal untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa . JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 31-39. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.135