Efektifitas WhatsApp Group Menggunakan Media Short Movie Pada Layanan Informasi Bidang Karier
Abstract
Penelitian ini berjudul efektivitas whatsapp group menggunakan media short movie pada layanan informasi bidang karier di SMA negeri 4 kota Jambi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian True- eksperiment design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan pada variabel whatsapp group menggunakan media short movie diperoleh nilai rata-rata sebesar 115,4 pada Pre-test kelas eksperimen dan 129 pada Post-test kelas eksperimen. Pada hasil uji T-test diperoleh nilai tHitung sebesar 4.767 sedangkan ttabel =1.995 sehingga apabila dimasukan kedalam rumus hipotesis thitung>ttabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya adalah whatsapp group dengan media short movie efektiv digunakan pada layanan informasi bidang karier.
References
Muttaqin, R., Wagimin, & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 174–179.
Payadnya, I. P., & Jayantika, I. (2018). Buku Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Partino, H. R. (2006). Kematangan Karir Siswa SMA. Psikologika : Jurnal PemikiranDanPenelitianPsikologi,11(21).https://doi.org/10.20885/psikologika.vol 11.iss21.art4
Rahman, A. J. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Pohon Karier Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI IPA 1 MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1947, 130–136. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/29%0Ahttps://ojs.abk injatim.org/index.php/ojspdabkin/article/download/29/18
Saifuddin, A.(2018). KEMATANGAN KARIER;Teori dan strategi memilih jurusan dan merencanakan karier.Pustaka pelajar:Yogyakarta
Sutja, A. dkk. (2017). Panduan Penulisan Skripsi. Jambi: Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Jambi
Sugiyono,(2010).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.Penerbit Alfabeta: Bandung.
Tohirin.(2011).Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah berbasis integrasi.Rajawali Pers:Jakarta.
Wantu, T., & Tuasikal, J. M. S. (2020). Pengaruh Kinerja Tutor Asrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.128
Winkel & Sri Hastuti. (2006). Bimbingan Dan Konseling Di Instuti Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi
Copyright (c) 2022 Khoirul Hanapi, Sintia Nurmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.