Efektifitas Social Skill Training Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Social Skill Training (SST) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa. Penelitian ini berlatar belakang pada permasalah yang ditemukan diantaranya mahasiswa baru sulit berdaptasi, merasa tidak percaya diri, dan penurunan dalam prestasi akademik. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian ini adalah nonequivalent pretest-postest control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket infentori social skill inventory (SSI) menggunakan rujukan dari Ronald Reggio. Subjek penelitian adalah Mahasiswa FKIP UMTAS Angkatan 2021 yang diambil dengan teknik Sample Random Sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji t paired (paired sample t-test) dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara umum keterampilan mahasiswa FKIP berada di kategori sedang dalam skor 239-302, (2) rancangan intervensi Social Skill Training (SST) di susun berdasarkan analisis kebutuhan dengan melakukan 4 kali pertemuan yang mana pada bagi menjadi 8 sesi untuk kelompok eksperimen dan untuk kelompok kontrol hanya 1 kali pertemuan, (3) layanan Social Skill Training memiliki nilai efektivitas yang berbeda dengan membandingkan rata-rata yang dimiliki setiap kelompok, Mahasiswa dengan hasil pengujian skor rata-rata 272,19 untuk kelompok eksperimen dan skor rata-rata 282,10 untuk kelompok kontrol dengan berdasarkan acuan tabel pembagian skor Gain.
References
Imaduddin, A. (2017). Spiritualitas dalam konteks konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01), 1-8.
Irmawan, W., Sundawan, M. D., & Sulaiman, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Self Advocacy (SA) Mahasiswa Melalui Teknik Structure Learning Approach (SLA) Pada Topik Fungsi Real. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).
Muhajirin, M. (2012). Strategi Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah Bagi Anak Tunagrahita. Laporan Penelitian.
Nunzairina, N. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Mata Kuiah Psikologi Sosial Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Bki Semester V Uin Sumatera Utara Tahun Akademik 2017/2018. Hijri, 7(1).
Riggio, R. E. (1986). Assessment of basic social skills. Journal of Personality and social Psychology, 51(3), 649.
Rosnow, R. L., & Rosenthal, R. (2003). Effect sizes for experimenting psychologists. Canadian Journal of Experimental Psychology/Revue canadienne de psychologie expérimentale, 57(3), 221.
Ross, F., & Cornish, U. (2003). Social skills training for adolescents with general moderate learning difficulties. Jessica Kingsley Publishers.
S. Laurentius Witarso & Dhamayanti B. Utoyo. (2018). Penerapan Pelatihan Keterampilan Sosial Sebagai Intervensi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Sejumlah Kecil Mahasiswa Baru Jurnal Internasional Pendidikan dan Pengajaran Indonesia. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta: Indonesia.
Segrin, C. (2001). Social skills and negative life events: Testing the deficit stress generation hypothesis. Current Psychology, 20(1), 19-35.
Sekararum, A. (2012). Interpersonal Psychotherapy (IPT) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa Universitas Indonesia yang Mengalami Distres Psikologis (Doctoral dissertation, Tesis. Depok: Magister Fakultas Psikologi Universitas Indonesia).
Stuart, G. W. (2014). Principles and practice of psychiatric nursing-e-book. Elsevier Health Sciences.
Stuart, G. W. (2014). Principles and practice of psychiatric nursing-e-book. Elsevier Health Sciences.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Widiarso, W. (2017). Hasil Uji Statistika yang Tidak Signifikan dan Ukuran Efek Kecil Bukanlah Sebuah Kegagalan dalam Penelitian. Diakses pada, 20.
Copyright (c) 2023 Wahyuning Mahardika Basyari, Aam Imaddudin, Muhammad Muhajirin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
 - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
 - Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 - Privacy Statement
 
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
							
							








