Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Film dalam Menurunkan Intensitas Penggunaan Gadget

  • Marimbun Marimbun IAIN Langsa
  • Muhammad Sahbani IAIN Langsa
  • Syamsuar IAIN Langsa
Keywords: Layanan informasi, Media film, Intensitas, Gadget

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan intensitas penggunaan gadget pada kelompok eksperimen dan kontrol melalui layanan informasi menggunakan media film. Metode yang digunakan True Experimental Design dengan jenis Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa SMA. Kelompok eksperimen berjumlah 34 dan kelompok kontrol berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket intensitas penggunaan gadget berdasarkan skala likert digunakan sebagai instrumen pengumpulan data.  Uji hipotesis dilakukan dalam rangka mengetahui perbedaan rata-rata sampel menggunakan t-test sampel related. Hasil penelitian mendeskripsikan intensitas penggunaan gadget antara pretest dan posttest kelompok eksperimen mengalami penurunan pada masing- masing indikator: perhatian terhadap gadget menurun 9,49 %, penghayatan menggunakan gadget menurun 9, 82 %, durasi menggunakan gadget menurun 4,55 %, frekuensi menggunakan gadget menurun 6, 54 %. Sementara intensitas   penggunaan   gadget pretest dan posttest kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan pada masing- masing indikator: perhatian terhadap gadget menurun 0,11 %, penghayatan menggunakan gadget meningkat 2, 27 %, durasi menggunakan gadget menurun 1,56 %, frekuensi menggunakan gadget menurun 1,5 %. Selanjutnya perbedaan intensitas penggunaan gadget pada kelompok   eksperimen dan kontrol nilai sig (2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05. Terdapat pengaruh pemberian layanan informasi menggunakan media film dalam menurunkan intensitas penggunaan gadget.

References

Agesti, L. P., Fitryasari, R., Armini, N. K. A., & Yusuf, A. (2019). Hubungan smartphone addiction dan Self-efficacy dengan prestasi akademik pada remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1), 1–6.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).
Batubara, Y. A., Farhanah, J., Hasanahti, M., & Apriani, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 4(1).
Effendi, B. (2021). Penggunaan Media Film Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(1), 59–68.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Erawati, C. (2015). Strategi layanan informasi dengan media film sebagai upaya meningkatkan pemahaman bahaya merokok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(2).
Fahmi, F. A., & Suryanti, H. H. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Film Terhadap Kewaspadaan Siswa Tentang Pelecehan Seksual Di Kelas Viii-C Smp N 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling Unisri Surakarta, 5(2).
Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84–92.
Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia. Jurnal Psikologi, 5(2), 182–194.
Gozali, A. (2020). Layanan bimbingan dan konseling berbasis teknologi informasi pada masa psbb (pembatasan sosial berskala besar). Coution: Journal of Counseling and Education, 1(2), 36–49.
Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).
Husmiati, R. (2010). Kelebihan dan kelemahan media film sebagai media pembelajaran sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 61–72.
Hutagalung, U. S. A., Ernawati, R., & Deliviana, E. (2020). Hubungan Antara Layanan Konseling Individu dengan Tugas Perkembangan Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 49 Jakarta Timur. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 46–66.
Indriyani, M., & Sofia, A. (2018). Persepsi orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini. Indonesian Journal Of Early Childhood Issues, 1(1).
Isa, A. H. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 207–218.
Khasanah, D. N. M., & Winarti, Y. (2021). Hubungan Kontrol Diri Terhadap Kecanduan Smartphone Pada Remaja. Borneo Student Research (BSR), 3(1), 739–748.
Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).
Mugiarso, H. (2004). Bimbingan dan Konseling. UPT MKDK UNNES.
Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2019). Kecanduan smartphone ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 1307–1316.
Munir, S. (2013). Bimbingan dan Konseling Islam. Amzah.
Ningsih, B. M., & Widiharto, C. A. (2014). Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).
Nurhasnawati. (2011). Media Pemblajaran Teori dan Aplikasi Pengembangan. Yayasan Pusaka Riau.
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Pangarsa, A. A. T. (2020). Implementasi Media Video Youtube dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MI Miftahul Abror. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 154–166.
Pasaribu, M., Aziz, A., Indrawan, E., & Rahim, B. (2022). Hubungan Motlvasl Belajar Terhadap Hasil Belajar Media Pendidikan Program Studl Pendldlkan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unlversltas Negerl Padang. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(2), 50–54.
Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., & Purba, B. (2020). Pengantar media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Purwanto, M. R., & Ayuh, E. T. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga RT 12 RW 05 Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. J-Sikom, 2(2).
Sanjaya, R., & Wibhowo, C. (2011). Menyiasati Tren Digital Pada Anak dan Remaja. Elex Media Komputindo.
Sari, A. K. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Layanan Informasi Bimbingan Konseling. El-Rusyd: Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 2(2), 90–111.
Seniawati, K., Suarni, N. K., & Putri, D. A. W. M. (2014). Efektivitas Teori Karier Holland Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.
Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65–78.
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77.
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2).
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Raja Grafindo Persada.
Wahyuningsih, S. (2019). Film Dan Dakwah: Memahami Representasi Pesan-Pesan Dakwah Dalam Film Melalui Analisis Semiotik. Media Sahabat Cendekia.
Waluyati, I., Wulandari, W., & Arif, A. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Pada Kelurahan Kumbe Kota Bima. Edu Sociata:Jurnal Pendidikan Sosiologi, 3(2), 30–36.
Wastuti, S. N. Y., & Ramadhani, N. S. (2022). Mendidik Toleransi Beragama Siswa; Analisis Tentang Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Film. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 101–113.
Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan informasi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 126–131.
Published
2023-11-29
How to Cite
Marimbun, M., Sahbani, M., & Syamsuar. (2023). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Film dalam Menurunkan Intensitas Penggunaan Gadget. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 4(2), 69-79. https://doi.org/10.37411/jgcj.v4i2.2254