Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Dengan Emotional Freedom Technique (EFT) Untuk Mereduksi Kecemasan Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa

  • Idriani Idris Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Rizal Pautina Universitas Negeri Gorontalo
  • Salim Korompot Universitas Negeri Gorontalo
  • Rena Madina Universitas Negeri Gorontalo
  • Permata Sari Universitas Ngeri Gorontalo
  • Rawanti Rawanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Idil Fitri Idris Manajemen Informatika, Politeknik LP3I Makassar,Indonesia
Keywords: Bimbingan Kelompok, Emotional Freedom Technique, Kecemasan, Adaptasi Kebiasaan Baru

Abstract

Penyebaran Covid 19 dalam tren melandai sehingga Pemerintah mulai menyusun peta jalan transisi dari masa pandemi covid 19 menuju kondisi endemik.  Adaptasi kebiasaan baru adalah kampanye publik kemendikbud dalam menginformasikan dan mengedukasi masyarakat tentang penyelenggaraan pembelajaran pada Tahun Akademik 2020/2021 dan awal januari di masa transisi pandemi ke endemi. Adaptasi kebiasaan baru adalah agar kita bisa bekerja, belajar dan beraktivitas dengan produktif berdampingan dengan pandemi dengan memperhatikan protokol kesehatan, kesehatan mental dan dukungan psikososial menuju adaptasi kebiasaan baru pada lingkungan sekolah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan panduan bimbingan kelompok dengan emotional freedom technique (EFT) untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa. Luaran dari penelitian ini berupa panduan bimbingan kelompok dengan emotional freedom technique (EFT) untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa. Berdasarkan hasil uji coba produk kelompok kecil menyatakan bahwa produk yang dibuat layak untuk dijadikan panduan untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa. Hasil penelitian berupa panduan bimbingan kelompok dengan emotional freedom technique (EFT) untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa.

References

Amira, N.F., Siti F., Devy S.A.N. (2023). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Dengan Teknik EFT (Emotional Freedom Technique) Untuk Mengatasi Stres akademik Siswa Kelas VIII SMPN 1 Darangdan. Fokus, 6 (3), 239-249. DOI 10.22460/fokusv6i3.14296.

AP, Sofwan., Daharnis., dan Syahniar. (2013). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self-efficacy Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 2. (diakses 5 April 2020).

Ersya, Zikry Latupasjana (2021) Panduan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Gestalt untuk Penurunan Agresivitas Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Heriyadi, Akbar. 2013. Meningkatkan Penerimaan Diri (Selff Acceptance) Siswa Kelas VIII Melalui Konseling Realita Di SMP Negeri 1 Bantarbolang Kab. Pemalang Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi. Semarang: FIP BK UNNES

Idris, I., & Idris, I. (2019). Emotional Freedom Technique Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 106–115. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1115

Lestari, B. W., & Padjadjaran, U. (2021). Panduan adaptasi kebiasaan baru di sekolah (Issue March). UNPAD PRESS.

Pautina, M. R. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 8-13. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.131

Sarwan, A,. dan Nur’aini. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Harga Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Takengon Aceh Tengah. Jurnal Diversita. Vol. 4 No. 1. (Diakses, 5 April 2020).

Ulan, A., Idris, I., & Alwi, N. M. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. PEDAGOGIKA, 12(1), `120-133. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.657

Wibowo, S. B. (2016). Benarkah Self Esteem mempengaruhi Prestasi Akademik?. Jurnal Humanitas. Vol. 13 No. 1. (diakses, 5 April 2020).
Published
2023-12-01
How to Cite
Idris, I., Pautina, M. R., Korompot, S., Madina, R., Sari, P., Rawanti, R., & Idris, N. I. F. (2023). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Dengan Emotional Freedom Technique (EFT) Untuk Mereduksi Kecemasan Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 4(2), 80-89. https://doi.org/10.37411/jgcj.v4i2.2641