Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Dengan Emotional Freedom Technique (EFT) Untuk Mereduksi Kecemasan Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa
Abstract
Penyebaran Covid 19 dalam tren melandai sehingga Pemerintah mulai menyusun peta jalan transisi dari masa pandemi covid 19 menuju kondisi endemik. Adaptasi kebiasaan baru adalah kampanye publik kemendikbud dalam menginformasikan dan mengedukasi masyarakat tentang penyelenggaraan pembelajaran pada Tahun Akademik 2020/2021 dan awal januari di masa transisi pandemi ke endemi. Adaptasi kebiasaan baru adalah agar kita bisa bekerja, belajar dan beraktivitas dengan produktif berdampingan dengan pandemi dengan memperhatikan protokol kesehatan, kesehatan mental dan dukungan psikososial menuju adaptasi kebiasaan baru pada lingkungan sekolah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan panduan bimbingan kelompok dengan emotional freedom technique (EFT) untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa. Luaran dari penelitian ini berupa panduan bimbingan kelompok dengan emotional freedom technique (EFT) untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa. Berdasarkan hasil uji coba produk kelompok kecil menyatakan bahwa produk yang dibuat layak untuk dijadikan panduan untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa. Hasil penelitian berupa panduan bimbingan kelompok dengan emotional freedom technique (EFT) untuk mereduksi kecemasan adaptasi kebiasaan baru siswa.
References
AP, Sofwan., Daharnis., dan Syahniar. (2013). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self-efficacy Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 2. (diakses 5 April 2020).
Ersya, Zikry Latupasjana (2021) Panduan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Gestalt untuk Penurunan Agresivitas Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Heriyadi, Akbar. 2013. Meningkatkan Penerimaan Diri (Selff Acceptance) Siswa Kelas VIII Melalui Konseling Realita Di SMP Negeri 1 Bantarbolang Kab. Pemalang Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi. Semarang: FIP BK UNNES
Idris, I., & Idris, I. (2019). Emotional Freedom Technique Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 106–115. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1115
Lestari, B. W., & Padjadjaran, U. (2021). Panduan adaptasi kebiasaan baru di sekolah (Issue March). UNPAD PRESS.
Pautina, M. R. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 8-13. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.131
Sarwan, A,. dan Nur’aini. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Harga Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Takengon Aceh Tengah. Jurnal Diversita. Vol. 4 No. 1. (Diakses, 5 April 2020).
Ulan, A., Idris, I., & Alwi, N. M. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. PEDAGOGIKA, 12(1), `120-133. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.657
Wibowo, S. B. (2016). Benarkah Self Esteem mempengaruhi Prestasi Akademik?. Jurnal Humanitas. Vol. 13 No. 1. (diakses, 5 April 2020).
Copyright (c) 2023 Idriani Idris, Mohamad Rizal Pautina, Salim Korompot, Rena Madina, Permata Sari, Rawanti Rawanti, Nur Idil Fitri Idris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
 - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
 - Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 - Privacy Statement
 
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
							
							








