Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Mewujudkan Sikap Ta’dzim Santri di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Malang
Abstract
Bimbingan kelompok merupakan layanan yang mencakup penyampaian informasi, serta mendiskusikan berbagai isu terkait akademik, social, pribadi dan karir. Bimbingan kelompok adalah usaha bimbingan yang dilakukan oleh guru BK maupun konselor melalui situasi, proses, dan kegiatan yang melibatkan 5 – 12 orang siswa atau peserta kelompok. Sikap ta’dzim sebagai tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk menghormati orang lain. Sikap ini harus dimiliki oleh santri yang sedang mencari ilmu di pondok pesantren. Dengan sikap ta’dzim santri akan mampu menjadi seseorang yang mulia disegani orang lain. Metodologi penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Peneliti melakukan penyebaran angket dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel yang diinginkan yaitu, santri yang diambil adalah santri yang memiliki sikap ta’dzim yang rendah. Peneliti menggunakan design One Group Pretest-Posttest Design yang hanya melibatkan 1 kelompok yaitu kelas eksperimen, melalui bimbingan kelompok. bimbingan kelompok menggunakan kitab Ta’limul Muta’alim efektif dalam mewujudkan sikap ta’dzimsantri di Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan pengambilan keputusan uji paired sample test berdasarkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
References
Aprillia, T. H., Masrof, A. H., Ahid, N., & Huda, S. (2023). Pesantren and Tradition (Study Of Ta’dzim Affiliates in Character Education Al-Ghazali and Thomas Lickona). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 49–70. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2738
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Dachmiati, S. (2015). Program Bimbingan Kelompok Untuk Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Kependidikan, II(1), 10–21.
Fatimah, K., & Fatma, K. (2020). … Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Di Pondok Pesantren Darul Hijrah …. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan …, 2, 54–66.
Folastri, S., & Rangka, I. B. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (catakan 1, Issue January). Mujahid Press.
Jasman, J., Fadhillah, K., & Rosdialena, R. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri di Asrama. Innovative: Journal Of Social …, 3, 4285–4298. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2614
Riansyah, H., & Wulandari, W. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 47. https://doi.org/10.26539/1110
Roshita, I. (2015). Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(2), 29–35.
Samsu. (2004). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development.
Satriah, L. (2015). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Mimbar Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabet.
Taufik, A., Sugiharto, & Sutoyo, A. (2014). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Melalui Komik Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 23–29.
Umi, A., Rini, S., & Dela, R. (2019). Upaya Pembentukan Kepribadian Islami Santri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro Lampung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(2), 170–180.
Copyright (c) 2023 Fayrus Abadi Slamet, Permata Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
 - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
 - Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 - Privacy Statement
 
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
							
							








