Pengembangan Modul Kecerdasan Spiritual Sebagai Media Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan modul kecerdasan spiritual sebagai media layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMP. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono metode Researh & Development (R&D). Modul kecerdasan spiritual berlatar belakang oleh rendahnya kecerdasan spiritual pada siswa yang diperoleh hasil pengamatan dan observasi langsung pada saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan. Proses pengembangan modul kecerdasan spiritual ini dikembangkan menggunakan metode Researh & Development model Sugiyono yang terdapat tahapan-tahapan yang harus dilewati sehingga mendapatkan suatu produk yang layak digunakan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media bimbingan dan konseling yaitu “Modul Kecerdasan Spiritual Sebagai Media Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa SMP Negeri 1 Gorontalo”.Modul ini telah layak digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, dengan kejelasan materi sudah sesuai dan mudah di pahami karena sudah melalui tahap uji validasi masing-masing oleh ahli/pakar desain media, ahli bahasa dan ahli bimbingan dan konseling.
References
Agustian, A.G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Jakarta.
Budiono, E. & Hadi, S. (2006). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester 1 SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 4. No. 2. Diakses pada http://journal.unnes.ac.id>nju tanggal 21 Oktober 2019.
Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto & Farid, M. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.
Masaong, K & Arfan A.T. (2014). Keprmimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelegence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Bandung: Alfabeta.
Padmomartono, S. (2014). Konseling Remaja. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Rahim, M. 2011. Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Bimbingan Belajar Siswa SMA. Di akses pada https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/139/pengembangan- buku- saku-sebagai-media-bimbingan-belajar-siswa-sma.html tanggal 6 Juli
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, 5(3), 133-138.
Yusuf, S & Nurihsan, A.J. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Copyright (c) 2020 Nurhan asi, Rena Madina, Irvan Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.









