Pengembangan Modul Kecerdasan Spiritual Sebagai Media Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi pada Siswa

  • Nurhan G. Asi Universitas Negeri Gorontalo
  • Rena Madina Universitas Negeri Gorontalo
  • Irvan Usman Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: modul, media bimbingan dan konseling, kecerdasan spritual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan modul kecerdasan spiritual sebagai media layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMP. Model penelitian ini  menggunakan model pengembangan Sugiyono metode Researh & Development (R&D). Modul kecerdasan spiritual berlatar belakang oleh rendahnya kecerdasan spiritual pada siswa yang diperoleh hasil pengamatan dan observasi langsung pada saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan. Proses pengembangan modul kecerdasan spiritual ini dikembangkan menggunakan metode Researh & Development model Sugiyono yang terdapat tahapan-tahapan yang harus dilewati sehingga mendapatkan suatu produk yang layak digunakan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media bimbingan dan konseling yaitu “Modul Kecerdasan Spiritual Sebagai Media Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa SMP Negeri 1 Gorontalo”.Modul ini telah layak digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, dengan kejelasan materi sudah sesuai dan mudah di pahami karena sudah melalui tahap uji validasi masing-masing oleh ahli/pakar desain media, ahli bahasa dan ahli bimbingan dan konseling.

References

Agustian, A.G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Jakarta.

Budiono, E. & Hadi, S. (2006). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester 1 SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 4. No. 2. Diakses pada http://journal.unnes.ac.id>nju tanggal 21 Oktober 2019.

Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto & Farid, M. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Masaong, K & Arfan A.T. (2014). Keprmimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelegence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Bandung: Alfabeta.

Padmomartono, S. (2014). Konseling Remaja. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rahim, M. 2011. Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Bimbingan Belajar Siswa SMA. Di akses pada https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/139/pengembangan- buku- saku-sebagai-media-bimbingan-belajar-siswa-sma.html tanggal 6 Juli

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, 5(3), 133-138.

Yusuf, S & Nurihsan, A.J. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Published
2020-11-29
How to Cite
Asi, N. G., Madina, R., & Usman, I. (2020). Pengembangan Modul Kecerdasan Spiritual Sebagai Media Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi pada Siswa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 87-97. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i2.445