Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

  • Sitti Nurkia Madrasah Aliyah Negeri 1 Enrekang
  • Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang cara menangani motivasi belajar siswa melalui teknik modeling simbolis dalam kegiatan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA Laboratorium Percontohan UPI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas X IPS 3 SMA Laboratorium Percontohan UPI tahun pelajaran 2018/2019 dan untuk menganalisis dampak penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di Kelas X IPS3 SMA Laboratorium Percontohan UPI tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif membandingkan kondisi sebelum pemberian tindakan dan setelah pemberian tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: adanya peningkatan yang berarti. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil observasi dan pengisian inventori. Hal ini terbukti dari keberhasilan peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok siklus pertama ke siklus ketiga motivasi belajar meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA Laboratorium Percontohan UPI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarsa, S. D. 1989. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK. Gunung Mulia.
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hurlock, E.B. 1991. Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lilis Ratna Purnamasari, “Teknik-teknik Konseling”, Fakultas Negeri Semarang, 2012.
Nandang Rusmana. 2009. Bimbingan Dan Konseling Kelompok Di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Nursalim, M. (2005). Strategi Konseling. Surabaya: UNESA.
Oyon. 2011. Teknik Modeling. (Online). Http://Kangmasoyon.blogspot.com/ (diakses 09 Mei 2018)
Prayitno, 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok (Dasar dan Profil),Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang.
Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Santrok, J. W. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja). Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.
Surya, M. 2003. Psikologi Konseling. Pustaka Bani Quraisy: Bandung.
Umar, A dan Kaco, N. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit UNM
Yusuf, A.M. 2005. Metodologi Penelitian Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Padang: UNP Press.
Published
2020-11-03
How to Cite
Nurkia, S., & Sulkifly. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 56-65. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i2.521