Pengaruh Bakat Numerikal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menegah Atas
Abstract
Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Ambon memiliki Jumlah siswa kelas X sebanyak 365 orang dan kelas X-8 berjumlah 29 orang. Ada sebagian Siswa kelas X-8 yang memiliki Prestasi Belajar yang rendah atau tidak mencapai KKM yaitu 75. Prestasi Belajar yang rendah dipengaruhui oleh beberapa faktor salah satunya adalah bakat akademik yaitu bakat numerikal atau kemampuan memahami konsep yang berkaitan dengan angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bakat Numerikal Terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas X (Sepuluh). Populasi pada penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 365 orang dan dipilih sebagai sampel secara teknik sampling purposive. Sampling purposive adalah teknik pengambilan sampel atas pertimbangan tertentu, yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis kemampuan numerikal yaitu Tes Differential Aptitude Test (DAT), dan pendataan nilai prestasi belajar dari rapot semester ganjil-genap. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan selanjutnya menggunakan program komputer SPSS – 20. Hasil penelitian dengan persamaan regresi : Ý = ß + (b1 .X1) Prestasi belajar matematika = 8,084 + (2.549 x X1) antara kemampuan numerikal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar karena mempunyai nilai Thitung (17.4422) > Ttabel (1.699) dengan taraf signifikansi 0.05. ini berarti Hipotesa H0 ditolak dan Ha diterima artinya variabel bakat numerikal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.
References
Asmani,J.M.2012.kiat mengembangkan Bakat Anak disekolah.Jogjakarta : DIVA Press
Ali,M dan Asrori,M.2005. Psikologi Remaja,Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Askara.
Cangelosi,J.S.1995.Merancang Tes untuk menilai Prestasi siswa,bandung : ITB Comte.A.1851.The Philosophy of Mathematics.New York : Haper and Brother. Jilid 1,h.84,jilid 1,h 115 Ibid.,jilid 1,h.12
Dwisang. E.L Matematika dan Geometri : 2015
Dandy.2010.Tes Bakat atau Aptitude Test. DiDowload 23 Januari 2016 dari Http://dandy. Student.fkip.uns.ac.id/2010/06/28/tes-bakat -atau -aptitude- test/
Djamarah,SB.2008.Psikologi Belajar.jakarta : Rineka Cipta
Gladding T Samuel. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks
Hukubun, N., Resley I, & Arjanto, P. 2015. Pemahaman Individu Teknik Tes : Surabaya:Unesa University Press.
Hikmawati.F.2010. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Harun,I.,2010.: Tumbuh Minat Kembang.Bandung : St Book
Howard. E.1997. Foundation and Fundamental Concept of Mathhematics.Boston : PWS-ken Hakikat Matematika dan Pembelajarannya di SD Model Pembelajaran Matematika.
Indrawati. F. 2012. Pengaruh Kemampuan Numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar Matematika .Volume 3 hal 215-223 .
Javantikal.I.I,.Dkk 2013 Kontribusi Bakat Numerik Kecerdasan Spasial dan kecerdasaan logis.matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa SD Negeri di kabupaten buleleng. Volume 2,hal 1-2
Muhibbin.S.1995.: Psikologi Pendidikan.Bandung : Remaja Rosdakarya
Nasution,2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Bumi aksara
Ngalim.P.2006.Psikologi Pendidikan : PT.Remaja Rosdakrya
Nurihsan.J.A. 2010.: Bimbingan dan Konseling dalam berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT Refika Aditama.
Pusat Bahasa Depatemen Pendidikan Nasional.2001. KBI Indonesia. Jakarta ; Balai Pustaka
Pasaribu.I.L, dan Simandjuntak.B. 1983.Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito
Ruseffendi.E.T. 1993. Pendidikan Matematika 3 modul 1-5. Jakarta : UniversitasTerbuka
Sanjaya, A.,7 Maret 2011., prestasi Belajar . Bandung http://adessanjaya.blogspot.com/2011/02/prestasi-belajar.html
Suryabarta,S.1998. Psikologi Pendidikan .Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sunarto.2012.Pengertian Prestasi belajar. Fasilistator idola (online). Tersedia :
http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi belajar/
Sugiyono.2011.Metode Penilitian Kuantitatif,kualitatif dan R dan D. Bandung : ALFABETA
Slameto .2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhui.Jakarta : Rineka Cipta.
Sukardi Dewa Ketut. 1989. Pendekatan konseling karir di dalam bimbingan karir. Jakarta: Ghalia Indonesia
Soedjadi, R, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 1999.
Zainal Arifin, Evaluasi Instruksional (Prinsip-Teknik-Prosedur) (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,1991), 3-4
Copyright (c) 2020 Susana Taulena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.