Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar pada Siswa

  • Muhammad Daud Latuconsina Program Pengembangan Profesi Guru, Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kejenuhan belajar, Bimbingan kelompok, Relaksasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Makassar melalui bimbingan kelompok teknik relaksasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Makassar yang berjumlah 28 siswa. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive, dengan kriteria siswa yang skor kejenuhan belajarnya masuk kategori rendah dan sedang pada hasil pre-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar dan self report. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus yang terdiri dari 2 (dua) tindakan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa, dilihat dari hasil data kuantitatif rata-rata skor pre-test siswa yaitu 128,75 dan menurun sebanyak 17,08 poin pada post-test I menjadi 111,67. Selanjutnya, rata-rata skor kejenuhan belajar siswa kembali turun sebesar 14,96 sehingga didapatkan skor rata-rata pada post-test II sebesar 96,71. Secara keseluruhan penurunan skor kejenuhan belajar siswa sebesar 32,04 dengan 21 subjek berada pada kategori rendah. Jika dipersentase maka 75% subjek skor kejenuhan belajarnya berada pada ketegori rendah dan mencapai target yang ditentukan yaitu sebesar 70% subjek skor kejenuhan belajarnya berada pada kategori rendah.

 

References

Hakim, T. (2004). Belajar secara efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

IPt. Edi Sutarjo, Dewi Arum WMP., Ni. Kt. Suarni. (2014). “Efektifitas teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym untuk Menurukan Burnout Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Sigaraja Tahun Pelajaran 2013/ 2014”. E-journal Undiksa. Volume: 2 No 1. Diakses dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/3740/2995. Pada 12 Februari 2019 pukul 11.05 WITA.

Johana E. Prawitasari. (1988). Laporan penelitian pengaruh relaksasi tarhadap keluhan fisik: suatu studi eksperimental. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Monks, F. J. dkk. 2014. Psikologi perkembangan, pengantar dalam berbagai bagiannya cetakan ketujuh belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muna, N.R. (2013). Efektifitas teknik self regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di sma insan cindekiasekarkemuning cirebon. Jurnal Holistik Vol 14 No. 02.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suwarjo & Eliasa, E. I. (2013). 55 permainan dalam bimbingan dan konseling cetakan keenam. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tohirin. (2009). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: Rajawali Press.

Zuni Eka K. & Elisabeth Christiana. (2014). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Intruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 05(01), 1-10.
Published
2020-11-03
How to Cite
Latuconsina, M. D. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar pada Siswa . JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 72-82. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i2.533