Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Makassar melalui bimbingan kelompok teknik relaksasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Makassar yang berjumlah 28 siswa. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive, dengan kriteria siswa yang skor kejenuhan belajarnya masuk kategori rendah dan sedang pada hasil pre-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar dan self report. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus yang terdiri dari 2 (dua) tindakan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa, dilihat dari hasil data kuantitatif rata-rata skor pre-test siswa yaitu 128,75 dan menurun sebanyak 17,08 poin pada post-test I menjadi 111,67. Selanjutnya, rata-rata skor kejenuhan belajar siswa kembali turun sebesar 14,96 sehingga didapatkan skor rata-rata pada post-test II sebesar 96,71. Secara keseluruhan penurunan skor kejenuhan belajar siswa sebesar 32,04 dengan 21 subjek berada pada kategori rendah. Jika dipersentase maka 75% subjek skor kejenuhan belajarnya berada pada ketegori rendah dan mencapai target yang ditentukan yaitu sebesar 70% subjek skor kejenuhan belajarnya berada pada kategori rendah.
References
IPt. Edi Sutarjo, Dewi Arum WMP., Ni. Kt. Suarni. (2014). “Efektifitas teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym untuk Menurukan Burnout Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Sigaraja Tahun Pelajaran 2013/ 2014”. E-journal Undiksa. Volume: 2 No 1. Diakses dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/3740/2995. Pada 12 Februari 2019 pukul 11.05 WITA.
Johana E. Prawitasari. (1988). Laporan penelitian pengaruh relaksasi tarhadap keluhan fisik: suatu studi eksperimental. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Monks, F. J. dkk. 2014. Psikologi perkembangan, pengantar dalam berbagai bagiannya cetakan ketujuh belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Muna, N.R. (2013). Efektifitas teknik self regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di sma insan cindekiasekarkemuning cirebon. Jurnal Holistik Vol 14 No. 02.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suwarjo & Eliasa, E. I. (2013). 55 permainan dalam bimbingan dan konseling cetakan keenam. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tohirin. (2009). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: Rajawali Press.
Zuni Eka K. & Elisabeth Christiana. (2014). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Intruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 05(01), 1-10.
Copyright (c) 2020 Muhammad Daud Latuconsina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.









