Analisis Nilai-nilai Karakter dalam Adat Aqiqah di Gorontalo

  • Abdul Kadir Tangahu Universitas Negeri Gorontalo
  • Tuti Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Meiske Puluhulawa Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pendidikan Karakter, Nilai Karakter,, Adat Aqiqah

Abstract

Pendidikan karakter dapat diperoleh dari mana saja, seperti halnya dalam budaya atau adat di Gorontalo. Dari berbagai budaya atau adat yang berlaku dimasyarakat Gorontalo terdapat makna atau nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa dipelajari didalamnya, begitupun dalam adat Aqiqah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Adat Aqiqah di Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Narasumber dalam penelitian ini adalah dua tokoh adat dan satu tokoh agama. Data dianalisis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dalam adat aqiqah di Gorontalo terdapat nila-nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, demokratis, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Asrori, Ahmad Mar’uf. (1998). Berkhitan dan Aqiqah Upaya Pembentukan Generasi Qur’ani. Surabaya: Al-Miftah.

Botutihe, Medi & Daulima, Farha. (2003). Tata Cara Adat Gorontalo. Gorontalo: Generasi Penerus.

Daryanto & Suryati Darmiyatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Kurniawan, Syamsul. (2016). Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Liputo Weni, A. Paramani, H. Harun & R. Lalu. (2006). Ragam Upacara Tradisional Daerah Gorontalo. Gorontalo.

Matsumoto, David. (2008). Pengantar Psikologi Lintas Budaya.Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Prayito & Amti, Erman. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnomo, Sutrisno. (2014). Pendidikan Karakter di Indonesia Antara Asa dan Realita. Jurnal Pendidikan. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2014. Diakses pada http://media.neliti.com/media/publications/104252-ID-pendidikan-karakter-di-indonesia-antara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Tohopi, Ridwan. (2012). Budaya Islam Lokal Gorontalo Tradisi Perayaan Isra Mi’Raj. Gorontalo: Sultan Amai Press.

Uno, Hmazah B. (2013). Landasan Pendidikan. Sebuah Pemikiran Komperhensif Landasan Pendidikan Berbasis Karakter di Indonesia. Gorontalo: Ideas Publishing.

Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Juntika Nurihsan. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2021-05-01
How to Cite
Tangahu, A. K., Wantu, T., & Puluhulawa, M. (2021). Analisis Nilai-nilai Karakter dalam Adat Aqiqah di Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i1.540