Faktor Mempengaruhi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling/ Konselor Memberikan Bimbingan Karier
Abstract
Bimbingan karier merupakan salah satu bidang layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Atas termasuk Madrasah Aliyah. Permasalahan dalam penelitian ini belum optimalnya pelaksanaan bimbingan karir khususnya di masa pandemik covid-19. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru bimbingan dan konseling/konselor dalam memberikan bimbingan karir kepada siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru bimbingan dan konseling dalam memberikan bimbingan karier adalah: kompetensi guru bimbingan dan konseling/konselor, motivasi baik yang datang dari dalam maupun dari luar serta dukungan kepala dan stakeholder madrasah.
References
Dana Sulistiana. 2018. Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik Kelas XII SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Simki-Pedagogia Vol. 02 No. 02 Tahun 2018 ISSN: 2599-073X.
Deasy Yunika Khairun, Melly Sri Sulastri, Anne Hafina. 2016. Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan KonselingVol 1, No 1. Maret. 2016. Hal: 3. ISSN 2503-0833. E-ISSN 2527-5429. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i1.
Fauziah, Mega Iswari, Afdal. 2020. Modifikasi Guru Kelas Dalam Bimbingan Karier Di SD/MI Pada Masa New Normal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 3, No 3. 2020. Hal: 84. ISSN 2620-3103.
Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hanung Sudibyo. 2018. Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Publikasi Ilmiah Di SMP Kabupaten Pekalongan Prosiding Seminar Nasional BK 2018. Halaman: 019-021.\
Hurlock, Elizabeth. B. 1980. (alih bahasa, Itiwidayanti dan Sudjarwo). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. POP Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Keputusan Bersama Empat Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia) No. 01/Kb/2020, 516, Hk.03.01/Menkes/363/2020, 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Kontri. Kemenag Susun Panduan Bimbingan dan Konseling Madrasah. Kamis, 26 November 2020. Diakses, Selasa, 6 Januari 2021. https://kemenag.go.id/berita/read/ 514719/ kemenag-susun-panduan-bimbingan-dan-konseling-madrasah.
Nathan, Robert & Linda. (2006). Career Counselling Second Edition. London: SAGE Publications.
Novia Dumewa Putri, Moch Edward Romli, Kurnia Sari. 2020. Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas Xl di SMA Negeri 1 Jarai Melalui Media Pohon Karir. Juang Jurnal Wahana Konseling. Vol.3 No.1. 2020. p-ISSN: 2622-9080. e-ISSN 2622-6278.
Nurnaifah Selvia Wardhani, Euis Farida, Eka Sakti Yudha. 2019. Profil Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di Kota Bandung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2019, Vol. 3 No. 2, Page: 147-154 Open Access | Url: http://ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/63 ISSN 2541-2779 (print) || ISSN 2541-2787 (online).
PMA RI No. 2 tahun 2020 tentang penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter.
PMA RI No. 60 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas PMA No.90 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.
Prayitno, dkk. 2015. Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan, Pengembangan Manusia Seutuhnya. Paramitra Publishing.
Purnomo, Halim dan Syuaeb Kurdie. (2017). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Yogyakarta: K-Media.
Copyright (c) 2021 fauziah fauziah, Neviyarni Neviyarni, Riska Ahmad, Yarmis Syukur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.