Pengembangan Instrumen Remaja dalam Membina Hubungan (Handling Relationships) Berbasis Komputer

  • Surtia Gusli STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Helma STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Triyono STKIP PGRI Sumatera Barat
Keywords: Instrumen, Membina Hubungan, Berbasis Komputer

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang belum mampu memahami kemampuan untuk menganalisis hubungan dengan orang lain, dan tidak adanya instrumen yang berbasis komputer. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen remaja dalam membina hubungan berbasis komputer yang dapat diterima secara teoritis dan praktis. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Validasi pengolahan instrumen remaja dalam membina hubungan dilakukan oleh 8 orang validator yaitu 3 validator secara teoritis, 4 validator secara praktis, 1 validator secara IT dapat disimpulkan bahwa aplikasi pengolahan instrumen remaja dalam membina hubungan berbasis komputer yang telah divalidasi oleh pakar teoritis dengan skor rata-rata 3,51 termasuk dalam kategori “Sangat Diterima”. Pakar praktis dengan skor rata-rata 3,35 termasuk dalam kategori “Sangat Diterima”. Pakar IT dengan skor rata-rata 3,6 termasuk dalam kategori “Sangat Diterima” Hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi yang telah dikembangkan sudah layak digunakan.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baron, R. A, & Byrne, D. (2003). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.
Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Helma. 2001. Pengembangan Alat Ukur Kecerdasan Emosi Siswa Swkolah Menengah. (Unpublished master’s thesis) Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Mariance. 2016. Perkembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Mengacu Kurikulum SD 2013 Subtema Bersyukur Atas Keberagaman untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalasan 1 [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Triyono dan Rahmi. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling. Wahana Konseling, 1(2), 74–83.
Totok dkk. (2013). Media Sosial Dan Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Di Sidoarjo. Kanal, 2(1), 1–106.
Yusuf, syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-05-02
How to Cite
Gusli, S., Helma, & Triyono. (2021). Pengembangan Instrumen Remaja dalam Membina Hubungan (Handling Relationships) Berbasis Komputer. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(1), 16-22. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i1.638