Fasilitas Belajar dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik memiliki nilai rapor yang rendah, dikarenakan siswanya kurang perhatian dari keluarganya, dan lingkungan sekitar, sehingga mereka tidak ada yang mengajarkan seberapa penting pendidikan bagi peserta didik yang masih terpengaruh dengan kata-kata kakak tingkat, bahwa “ kamu lulus tidak lulus, karena guru akan meluluskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari: 1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar. 2) Pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap fasilitas belajar. 3) Pengaruh fasilitas belajar, dukungan sosial orangtua terhadap hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 132 peserta didik, jumlah sampel 58 peserta didik yang dipilih dengan teknik protional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan data dianalisis dengan statistik deskriptif teknik persentase dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh fasilitas belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMAN 2 Pariaman tergambar: 1) Adanya pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 23%. 2) Adanya pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap hasil belajar sebesar 19%. 3) Adanya pengaruh fasilitas belajar, dukungan sosial orangtua terhadap hasil belajar sebesar 23% peneilitan ini direkomendasikan kepada peserta didik agar memanfaatkan fasilitas belajar yang ada, baik di rumah maupun di sekolah dengan sungguh-sunguh sehingga peserta didik mendapatkan hasil belajar yang baik.
References
Anjariah, S. (2016). Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Dukungan Sosial Orang Tua. Jurnal Psikologi, 2(1).
Gagne, Briggs J, Principles of Instructional Design, Second Edition, (New York: Holt Rinehart and Winston, 2008), p. 7-8
Isnawati, Z. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Atas Sd Negeri 3 Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016. 2015(June), 50061.
Kurniawan, R. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan kantor kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal,2(3).
Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(3).
Pardosi, N., & Atrizka, D. (2018). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orang tua pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 10 (2), 97-103.
Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.
Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self‐Directed Learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 37(2), 216-223
Saputra, P. A., & Yanuarita, P. (2017). Hubungan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal,
Sarmiati, S., Kadir, K., Bey, A., & Rahim, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 77-88.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Sunadi, L. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).
Yusuf, A. M. 2005. Metodologi Penelitian: Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah. Padang: UNP Press.
Copyright (c) 2021 Alberto Tri Putra, Fifi Yasmi, Triyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.