Fasilitas Belajar dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

  • Alberto Tri Putra Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Fifi Yasmi Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat
Keywords: Fasilitas Belajar, Dukungan Sosial, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik memiliki nilai rapor yang rendah, dikarenakan siswanya kurang perhatian dari keluarganya, dan lingkungan sekitar, sehingga mereka tidak ada yang mengajarkan seberapa penting pendidikan bagi peserta didik yang masih terpengaruh dengan kata-kata kakak tingkat, bahwa “ kamu lulus tidak lulus, karena guru akan meluluskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari: 1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar. 2) Pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap fasilitas belajar. 3) Pengaruh fasilitas belajar, dukungan sosial orangtua terhadap hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 132 peserta didik, jumlah sampel 58 peserta didik yang dipilih dengan teknik protional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan data dianalisis dengan statistik deskriptif teknik persentase dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh fasilitas belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMAN 2 Pariaman tergambar: 1) Adanya pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 23%. 2) Adanya pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap hasil belajar sebesar 19%. 3) Adanya pengaruh fasilitas belajar, dukungan sosial orangtua terhadap hasil belajar sebesar 23% peneilitan ini direkomendasikan kepada peserta didik agar memanfaatkan fasilitas belajar yang ada, baik di rumah maupun di sekolah dengan sungguh-sunguh sehingga peserta didik mendapatkan hasil belajar yang baik.

References

Anjariah, S. (2016). Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Dukungan Sosial Orang Tua. Jurnal Psikologi, 2(1).

Gagne, Briggs J, Principles of Instructional Design, Second Edition, (New York: Holt Rinehart and Winston, 2008), p. 7-8

Isnawati, Z. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Atas Sd Negeri 3 Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016. 2015(June), 50061.

Kurniawan, R. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan kantor kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal,2(3).

Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(3).

Pardosi, N., & Atrizka, D. (2018). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orang tua pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 10 (2), 97-103.

Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.

Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self‐Directed Learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 37(2), 216-223

Saputra, P. A., & Yanuarita, P. (2017). Hubungan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal,

Sarmiati, S., Kadir, K., Bey, A., & Rahim, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 77-88.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Yusuf, A. M. 2005. Metodologi Penelitian: Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah. Padang: UNP Press.

Published
2021-11-16
How to Cite
Putra, A. T., Yasmi, F., & Triyono. (2021). Fasilitas Belajar dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(2), 83-92. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i2.921