Model Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Home Room dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik

  • Lisa Rahmania STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Fitria Kasih Universitas Negeri Gorontalo
  • Rici Kardo Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Improving Dicipline, Students

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan kedisiplinan pada peserta didik kleas X IPS SMA PGRI 2 Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Memberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode home room dengan tema kedisiplinan. 2). mendeskripsikan pelaksanaan konseling oleh guru BK untuk peserta didik berperilaku tidak disiplin. 3). Membuat rancangan pelayanan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik serta memberikan bimbingan kelompok dengan metode home room. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel yang dipilih digunakan dengan Propertional total sampling, yaitu sebanyak 30 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase, serta wawancara dengan informan kunci yaitu Guru BK SMA PGRI 2 Padang dan Informan tambahan Guru BK SMA PGRI 2 Padang dan peserta didik SMA PGRI 2 Padang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus persentase dan mendeskripsikan hasil wawancara yang dilakukan dengan informan kunci.

Kata Kunci: Meningkatkan Kedisiplinan, Peserta Didik

Abstract

The background of this research is to improve discipline in class X IPS students at SMA PGRI 2 Padang. The objectives of this research are: 1). Provide group guidance services using the home room method with the theme of discipline. 2). describe the implementation of counseling by BK teachers for students behaving undisciplined. 3). Designing counseling services in improving student discipline and providing group guidance with the home room method. This research was conducted using quantitative and qualitative descriptive methods. The selected sample is used with a total sampling of property, which is as many as 30 people. The data of this research were obtained through a questionnaire and processed using the percentage technique, as well as interviews with key informants, namely BK teachers at SMA PGRI 2 Padang and additional informants from BK teachers at SMA PGRI 2 Padang and students at SMA PGRI 2 Padang. The data analysis technique used is using the percentage formula and describing the results of interviews conducted with key informants.

 

References

Eng, Jit Ang James. 2011. Pengurusan Disiplin Murid. Malasya. PTS profesional Apublishing. Sdn. Bhd.

Ernawati, Ika .2016. Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI MA. Cokroaminoto Wanadadi Banjar Negara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling 1(1). ISSN. 2541-6782.

Prihatin, Eka 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung. Alfabeta.

Ramli, M, Hidayah Nur, Flurentin Elia,Zen Ella Faridati, Lasan Blasius Boli ,Hambali Imam. 2017. Sumber Belajar Plpg 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bimbingan Dan Konseling. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Pendidikan: PLPG.

Kasih, Fitria. 2017. Profil Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelayanan Koelompok di Sma Sumatra Barat. Jurnal Counseling Care. Vol 1, No 1

Shofiyanti, Sri 2012. Hidup Tertib.Jakarta Timur. Balai Pustaka

Suherman Umar, 2015. Manajemen bimbingan dan konseling.Bumi siliwangi Bandung.

Susilowati. 2005. Konsep Dasar Program Bimbingan Bagi Pengembangkan

Disiplin Siswa Berbasis Nilai Solat. Bamdung: UPI.

Suryadi. 2006. Kiat Jitu Dalam Mendidik Anak . Jakarta Edsa Mahakota

Tu’u, Tulus 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta :

Grasindo

Published
2021-11-30
How to Cite
Rahmania, L., Kasih, F., & Kardo, R. (2021). Model Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Home Room dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(2), 101-107. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i2.924