Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pembelajaran dalam layanan bimbingan dan konseling terhadap Siswa berkebutuhan khusus (tunagrahita) di SLBN 4 Kota Bengkulu tahun 2020. Metode penelitian menggunakan studi lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian diperoleh simpulan (1) Siswa tunagrahita memiliki karakteristik berbeda-beda dalam ketunaannya; (2) Pelaksanaan program layanan hendaknya disesaikan dengan kebutuhan Siswa; (3) Perlunya modifikasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa; (4) Penggunaan metode harus sesuai dengan corak permasalahan yang di alami Siswa; (5) Penggunaan media layanan merupakan unsur penting dalam mencapai keberhasilan program; (6) Evaluasi merupakan aspek penting dalam keberhasilan program layanan; (7) Sekolah harus bersinergi dengan unsur-unsur Sekolah demi kelancaran program layanan bimbingan dan pembelajaran.
References
Akhyar, T. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok Bidang Karir Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Ringan) Di SLB Negeri Kandangan. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 46–64.
Awwad, M. (2015). Urgensi layanan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1).
Badiah, L. (2017). Implementasi Program Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Smp Negeri 32 Surabaya. Helper, 34(2), 9–22.
Dewanty, C. (2013). Guidance and Counseling Program Model At Junior School Inclusive Education Providers. Journal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(1).
Eggen, P., & Kauchak, D. (2004). Educational Psychology: Windows on Classrooms Sixth Edition International Edition. Pearson Prentice Hall.
Friend, M. (2005). Special Education: Contemporary Perspectives for School Professionals. Pearson Prentice Hall.
Lattu, D. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1).
Lawrence, N. (2016). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Research. University of Wilconsin.
Mangantes, M. (2005). Manajemen Bimbingan Konseling di SLB Paulus Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 705–713.
Mustikasari, M. T. I., Utomo, P., Amaliyah, A., & Zubaidah, Z. (2021). Psikoedukasi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Sebagai Media untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Menengah Pertama (SMP). JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 99–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/juang.v4i2.5584
Prayogi, F., & Utomo, P. (2021). Cognitive-Behavior Modification: Kemanjuran Teknik Self-Instruction Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 209–218. https://doi.org/https://doi.org/10.52217/lentera.v14i1.958
Rochyadi, E., & Alimni, Z. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Tunagrahita. Departemen Pendidikan Nasional.
Sari, N. (2016). Pola Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Anak Autis di Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 1(2), 31–35.
Sari, S., Binahayati, B., & Taftazani, B. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 129–389.
Slamet, M. (2016). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri Inklusi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 6(2).
Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar. Jurnal Parameter, 29(2), 145–155.
Tumbull, R., Turnbull, A., Shank, M., & Smith, S, J. (2004). Exceptional Lives: Special Education in Today’s School. Pearson Prentice Hall.
Utami, Z. (2018). Pengaruh Konseling Keluarga Terhadap Kemandirian Anak Tuna Grahita Di Slb Dharma Wanita Kota Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).
Utomo, P., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2018). Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa SMA melalui Cognitive Behavior Counseling Teknik Self-instruction dan Self-monitoring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(4), 416–423. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10725
Utomo, P., Mahanani, G., & Prayogi, F. (2016). The Theoretical Model of Evaluation Program : Assisting, Developing, and Evaluating Professional Teaching (ADEPT) for School Counselors (Essence, Theoretical, and Implementation). International Conference on Education (ICE2) 2018: Education and Innovation in Science in the Digital Era, 729–738.
Utomo, P., & Sholihah, M. (2021). The effectiveness of using educational cinema techniques to increase students’ self-confidence : An experimental research. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(2), 51–61. https://doi.org/10.21831/progcouns.v2i2.41101
Utomo, P., & Zubaidah, Z. (2020). Self-monitoring Techniques: Perbedaan Peningkatan Achievement Motivation Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender). In Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i2.3533
Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Andi Offset.
Widiastuti, N., & Wiyana, A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan, 9(2), 116–126.
Woolfolk, A. (2004). Educational Psychology: Ninth Edition, International Edition. Pearson Education, Inc.
Zubaidah, Z., Utomo, P., Lestari, A., Sari, W. P., Sari, O. D. Y., Veronica, R. H., Sari, S. K., & Oktiadita, R. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan ANak, 3(1), 25–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i1.5420
Copyright (c) 2021 Zubaidah, Prio Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.