Strategi Pemberian Bantuan Problem Solving Bagi Siswa
Abstract
Setiap orang tentunya memiliki permasalahan dalam hidupnya. Permasalahan yang tak kunjung usai akan menjadikan beban dan permasalahan yang lebih kompleks. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya ketrampilan dalam menyelesaikan masalah. Penyelesaian masalah itu diberikan solusi dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan Strategi Pemberian Bantuan Problem Solving. Kegiatan tersebut dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan dengan dilatar belakangi oleh adanya permasalahan mitra, yaitu belum cakap dalam menyelesaikan permasalahannya dengan efektif. Peserta pelatihan yaitu siswa SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang. Pelatihan ini dimulai dari tahap perencanaan, yaitu melakukan koordinasi internal dan eksternal untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk kegiatan pelatihan. Tahap kedua yaitu pelaksanaan, pelatihan dilaksanakan dengan penyajian materi. Tahap ketiga yaitu evaluasi, evaluasi dilakukan selama kegiatan secara kontinyu dan evaluasi setelah pelatihan selesai. Luaran dari kegiatan ini adalah peningkatkan skill dan ketrampilan para siswa dalam melakukan Strategi Pemberian Bantuan Problem Solving.
References
Andriati, N., & Rustam, R. (2018). PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 11–15.
Erozkan, A. (2013). The effect of communication skills and interpersonal problem solving skills on social self-efficacy. Educational Sciences: Theory and Practice, 13(2), 739–745.
Firman, F. (2018). Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode Problem Solving terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa.
Hall, K. R., Rushing, J. L., & Khurshid, A. (2011). Using the Solving Problems Together psychoeducational group counseling model as an intervention for negative peer pressure. The Journal for Specialists in Group Work, 36(2), 97–110.
Hartono, H., & Musdalifah, A. (2019). Layanan Klasikal Bimbingan Karier dengan Media PPT Berbasis Object Superiority Effect untuk meningkatkan Pemahaman Diri dan Pemahaman Karier Siswa SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 1–13.
Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 24.
Susilowati, S. M. E., & Anam, K. (2017). Improving Students’ Scientific Reasoning and Problem-Solving Skills by The 5E Learning Model. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 9(3), 506–512.
Utami, F. P., Sari, P., Bulantika, S. Z., Khusana, I. K. A., Suryawati, C. T., & Ariantini, N. (2020). The Effectiveness of PSS (Problem Solving Strategy) in enhancing the ability of anger regulation. Konselor, 9(3), 110–116.
Yuwono, A. (2019). Problem solving dalam pembelajaran matematika. Union, 4(1), 356718.
Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Kemampuan Spasial.
Zamroni, E., & Masturi, M. (2017). Pelatihan peer counseling pada remaja di panti sosial asuhan anak (PSAA) Tunas Bangsa Pati. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).



