Pendampingan Studi Lanjut: Membangun Keyakinan Pemilihan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendampingan dalam membangun keyakinan siswa dalam memilih studi lanjut ke perguruan tinggi. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan siswa SMA dan konselor pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan yang efektif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, memberikan informasi yang lebih jelas tentang pilihan studi, dan membantu mereka mengenali minat dan bakat pribadi. Pendampingan juga berperan penting dalam mengurangi kecemasan dan kebingungan yang sering dialami siswa saat menghadapi proses pemilihan perguruan tinggi. Temuan ini menekankan pentingnya dukungan yang berkelanjutan dari berbagai pihak, termasuk sekolah dan keluarga, untuk memastikan siswa dapat membuat keputusan yang tepat dan berdasarkan keyakinan yang kuat dalam perjalanan akademik mereka
References
Ellis, R., & Sampe, P. D. (2022). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Pada Siswa Sma. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12-17.
Endriani, A., Astuti, F. H., Lukitasari, D., & Rayani, D. (2020). Penyuluhan Pemahaman Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 172-176.
Istirahayu, I., Mayasari, D., Fitriyadi, S., & Damayanti, Z. (2018). Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 139-144.
Nadiarenita, A. A., Muslihati, M., & Hotifah, Y. (2017). Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 18-25.
Rohmah, K., & Falah, N. (2016). layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa sma negeri 1 depok sleman di yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(1), 41-58.
Suwanto, I., Istirahayu, I., & Qonitha, I. (2022). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Penentuan Studi Lanjut Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 12(2), 106-115.



