Hubungan Kualifikasi Akademik dan Kinerja Guru dengan Hasil Belajar Siswa

  • Zuria Lupita Universitas Jambi
  • KA Rahman Universitas Jambi
  • Urip Sulistiyo Universitas Jambi
Keywords: KUALIFIKASI, KINERJA, HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualifikasi akademik dan kinerja guru dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Jambi tahun 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional karena peneliti ingin mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Instrumen pengumpulan data melalui penyebaran angket. Uji validitas yang digunakan yaitu uji validitas instrumen dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dari 30 responden  guru dan 9 hasil nilai mata pelajaran yang termasuk dalam UNBK diperoleh 96,7% responden memiliki kualifikasi akademik Berkualifikasi, kinerja guru Sangat Baik yaitu 96,7 %, dengan hasil belajar termasuk dalam kategori Cukup yaitu 44,44% dan  56,6% memiliki hasil belajar siswa Kurang baik pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Jambi Tahun Ajaran 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualifikasi akademik dan kinerja guru dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Jambi Tahun Ajaran 2018-2019.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dermawati. 2013. Penilaian Angka Kredit Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, A dan Machali, I. 2010. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.

Priansa, DJ. 2018. Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen Pada Pasal 8.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.

Hidayah, N. 2013. Penelitian Ujian Nasional dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal pencerahan volume 7, nomor 1 maret 2013 hal 35-40.

Published
2020-09-01
How to Cite
Lupita, Z., Rahman, K., & Sulistiyo, U. (2020). Hubungan Kualifikasi Akademik dan Kinerja Guru dengan Hasil Belajar Siswa . PEDAGOGIKA, 11(2), 62-73. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.171
Section
Articles