Kontribusi Penerapan Full Day School dan Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa

  • Puja Monika Hasti universitas jambi
Keywords: full day school, Lingkungan sekolah, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara penyebaran angket dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Penerapan full day school, lingkungan sekolah, dan pembentukan karakter siswa di sekolah dasar (SD) swasta se-kota Sungai Penuh termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan rata-rata skor total setiap variabel yaitu, full day school rata-rata skor totalnya sebesar 452,7, lingkungan sekolah rata-rata skor totalnya sebesar 444,5, dan pembentukan karakter rata-rata skor totalnya sebesar 453,4. (b) ada kontribusi positif antara penerapan full day school terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar (SD) swasta se-kota Sungai Penuh (c) ada kontribusi positif antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar (SD) swasta se-kota Sungai Penuh (d) ada kontribusi positif sebesar 53% yang termasuk kategori kontribusi cukup kuat antara penerapan full day school dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar (SD) swasta se-kota Sungai Penuh.

 

References

Arifin, Z. (2012). Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. Jogjakara: Diva Press.

Bungin, Burhan. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya.

Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Lickona, Thomas. (2013). Character Matters (terjemahan: persoalan karakter). Jakarta: Bumi Aksara.

Manurung, Dewi Junita (2018). Pengaruh Budaya Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5 Nomor 12.

Martono, nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, cet. kelima.

Raharjo, Yunita, dkk. (2018). Pengaruh Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa di Sd Nasima Semarang. Jurnal. Dalam http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/jktp

Ramdhani, Muhammad Ali. (2014). Lingkungan Pendidikan dan Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suyyinah. (2019). Full Day Education: Konsep dan Implementasi. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi. Cet. Kesatu.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017, Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018, Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017, Tentang Hari Sekolah

Published
2020-09-12
How to Cite
Hasti, P. M. (2020). Kontribusi Penerapan Full Day School dan Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa. PEDAGOGIKA, 11(2), 74-90. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.173
Section
Articles