Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun

  • Anik Lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Prastihastari Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: bermain loose parts ;, memecahkan masalah;, anak 4-5 tahun

Abstract

Bermain pada anak usia dini dirancang secara kreatif dengan beragam cara untuk bisa mengembangkan kemampuan anak. Permasalahan yang dihadapi saat anak menghadapi ragam mainan yang baru maupun sudah lama ketika guru tidak lagi memberikan contoh anak belum memiliki minat atau motivasi dalam melakukan atau menemukan solusi sendiri permasalahan yang dihadapinya. Tujuan dari penelitian ini nantinya akan mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah pada anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan permainan loose parts sebagai pilihan solusi kegiatan bermain yang mengandung konsep pengembangan pengetahuan dan pengalaman langsung anak sebagai proses tercapainya kemampuan memecahkan masalah. Pentingnya kemampuan memecahkan masalah sederhana akan berpengaruh pada pencapaian tahapan berpikir anak dengan baik apalagi dengan bermain loose parts akan menjadi lebih berkembang karena bereksplorasi langsung. Penelitian ini di desain menggunakan penelitian kualitatif berlandaskan filsafat postponsitivisme karena obyek yang bersifat alamiah. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data dimana data diseleksi kemudian dianalisis secara deskriftif selanjutnya ditarik kesimpulan. Pemaparan data menunjukan hasil ketika anak melakukan bermain mencoba bahan bermain loose parts anak dapat mengeksplorasi, memilih strategi bermain menyelesaikan masalah yang dihadapi dari bahan yang disiapkan secara bebas. Dari hasil penelitian ini disarankan bermain loose parts lebih dikembangkan juga terus memberikan kesempatan pada anak secara bebas dan luas melakukan dan menemukan sendiri dari bahan yang ada di sekitarnya.

References

Anna,. 2019. Getting to grips with loose parts play. https://www.pacey.org.uk/news-and-views/pacey-blog/march-2019/getting-to-grips-with-loose-parts-play/

Bidzan-Bluma I, L. M. (2018). Physical Activity and Cognitive Functioning of Children: A Systematic Review. Int J Environ Res Public Health, 5(4), 800

Caldwell, J. 2016. Loose Parts. Oct 5, 2016/Reggio Inspired. https://fairydustteaching.com/2016/10/loose-parts/

Coward,. C. 2016. Build Knowledge By ’Doing”- Why First-Hand Experiences Are Vitas In Early Years. https://www.teachwire.net/news/build-knowledge-by-doing-why-first-hand-experiences-are-vital-in-early-year

T Casey, J Robertson. 2016. Loose Parts Play A toolkit. blogs.glowscotland.org.uk . https://www.inspiringscotland.org.uk/wp-content/uploads/2017/03/Loose-Parts-Play-web.pdf

Diamond, L. L. (2017). Problem solving in the early years. Intervention in School and Clinic, 53(4), 220–223. https://doi.org/10.1177/1053451217712957
Handayani,H. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Aktivitas Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif learning Tipe Jigsaw di kelas II SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Golden Age, Vo. 1 (1) Juni 2017, pp: 39-45
Greiff. Samuel. at.al, 2014. Domain general problem solving skill and education in the 21st century. Informa Portal Komunikacji Naukowej. Pp;74-83 ISBN: 1747 -938X. 10.1016/j.edurev.2014.10.002
Keen. R. 2011. The Development of Problem Solving in Young Children: A Critical Cognitive Skill, Vol.62:1-21 https://doi.org/10.1146/annurev.psych.031809.130730
Lestariningrum., Anik. 2018. The Effects of Tradisional Game “Congklak “ and Self-Confidence Toward Logical Mathematical Intelligence Of 5-6 Years Children. Jurnal Indria Vol.III (1) March 2018, pp;13-22, ISSN 2524-004X 10.24269/jin.v3n1.2018.pp13-22
LPI Ar-Rahman, 2020. Pembelajaran Media Loose Parts. PAUD Ar Rahman Jombang. https://lpiarrahman.sch.id/pembelajaran-media-loose-part-paud-ar-rahman-jombang/
Masyah, M. Sumarsih & Delferi, D. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Bermain Tebak Gambar Pada Anak Kelompok A1 Di PAUD Kemala Bhayangkari Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 2017, Vol.2 (2), pp; 101-106
Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). STEAM Based Learning Strategies By Playing Loose Parts For the Achievement of 4c Skills in Children 4-5 Years. Efektor, 7(1), pp; 24-34.
Permendikbud No.137 Tahun 2014. Standart Nasional PAUD. Jakarta:Kemdikbud
Siantajani,Y. 2020. Loose Parts. Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang; PT sarang Seratus Aksara.

Setyowati D. N. Mm. 2018. Penerapan Permainan Kreatif Mencari Harta Karun Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman kanak-kanak. Jurnal PINUS, Vol.3. No.2. Maret 2018, pp: 111-117. https://doi.org/10.29407/pn.v3i2.11872

Setyaningtyas,. P., Wahyuningsih. S. & Munif, M. 2019. Efektivitas Brain Based Leraning Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, Vol. 7 (3) September 2019. pp: 244-256

Shabrina. Ega. & Lestariningrum, Anik. 2020. The role of loose parts play in logical thinking skill in KB Lab school. Journal of Early Childhood care and Education, Vol 3(1) March 2020, pp.36-48. E-ISSN 2615-1413 https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1679

Trianto,. 2011.Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.

Utami. N.F & Pusari, W.R .2018. Analisis Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah Anak Dalam Bermain Balok. Jurnal AUDI, JA III (2) ISSN 2528-3367. pp;70-79

Widiastuti, E., Tegeh, M., Ujianti, PR. 2018. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas pendidikan Ganesha Jurusan PG-PAUD. Vol 6 (2). pp;241-250
Published
2020-09-18
How to Cite
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. PEDAGOGIKA, 11(2), 104-115. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.174
Section
Articles