Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Dengan Menggunakan Media LCD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui media visual. Yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta. Permasalahan utama penelitian ini rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 1 siklus yang di awali dengan observasi awal. Setelah penelitian kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai ke siklus 1, maka terbukti dapat menerima hipotesis yang diajukan: Dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media visual LCD dalam pelajaran PPKn di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta aktivitas siswa dapat meningkat. Hasilnya bisa dibandingkan dari observasi awal 7,69%, Siklus I aktivitas siswa meningkat menjadi 38,46%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yaitu mengenai proses pembelajaran PPKn dengan menggunakan media visual LCD di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat di buktikan sesuai hasil penelitian pada observasi awal, siklus 1.
References
Daryanto. 1993. Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Bandung: Tarsito
Depdiknas, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasanudin, 2015. Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS (Kelas III di MI Miftahul Hidayah Pondok Gede Kota Bekasi). Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Mulyono, M Anton. 2000. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sanjaya, Wina. 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prima
Copyright (c) 2021 Firmansyah Panigoro, Zulaecha Ngiu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




