Desain Pengembangan E-Modul IPA Materi Kalor Berbasis Flipbook Maker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar

  • Irvin Novita Arifin Universitas Negeri Gorontalo
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo
  • Vicka Mutiati Arifin Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Science, E-module, Flipbook maker, learning motivation, elementary school students

Abstract

This study aims to produce a product development design for the Science E-Module Heat Material Based on Flipbook Maker to increase the learning motivation of fifth-grade students at 60 State Elementary Schools, East City, Gorontalo City. The method used in this study refers to the Hannafin & Peck model. Hannafin & Peck’s model is a product-oriented research model. This model means that the product produced in this research is prioritized. At the same time, the effect produced in this study is an e-module of heat material based on flipbook maker in improving learning motivation of fifth-grade students. The E-Module of heat material design based on Flipbook Maker, which is designed using the Flipbook Maker application, has very feasible criteria of 95%. Thus, the E-module (electronic module) of heat material science designed using the Flipbook Maker application is included in the possible standards, can be used in learning, and is believed to generate student motivation in education, train students to think high-level and master technology.

References

Ardiansyah, R. 2021. Pengembangan Materi Gaya Berbasis Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD/MI. https://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprints/5438. Skripsi: IAIN Bengkulu (Di akses pada 24 Agustus 2021).

Astawa, I. B. M. dan I Gede A. P. A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Desi, N. dkk. 2021. Masyarakat Cita: Konsepsi & Praktik. Makassar: Liyan Pustaka Ide

Eliyasni, R. dkk. 2020. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Malang: Literasi Nusantara

Ernawati, A. N. 2017. Modul Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas V. Jakarta Timur: PT.Bumi Aksara

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. https://103.107.187.25/index.php/lantanida/article/view/2838. Lantanida Journal: Chemistry Education Department. Vol.5, No.2 (Di akses pada 18 Agustus 2021).http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17512321.2012.689321.

Harefah, D. dan Murnihati S. 2020.Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Pada Anak Usia Dini. Jawa Tengah: PM Publisher.

Hisbullah dan Nurhayati. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Di Sekolah dasar. Makassar: Aksara Timur

Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Juwitaningsih, D. 2018. Modul Panas Dingin: Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas V. Direktorat pembinaan Pendidikan Keaksaraan Masyarakat.

Karitas, D. dan Fransiska. 2017. Buku Siswa Kelas V Tema 6: Panas dan Perpindahannya, Buku Tematik Terpadu 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kustandi, C. dan Daddy D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Lestari, E. T. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, F. dkk. 2020. Memahami Karakteristik Anak. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Maryanto, dkk. 2017. Buku Siswa Kelas V Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan, Buku Tematik Terpadu 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nana. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha

Najuah, dkk. 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis

Octavia, S. A. 2020. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Oktiani, I. 2017. Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. http://www.ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1939. JK:Jurnal Kependidikan. Vol.5, No.2 (Di akses pada 18 Agustus 2021).

Octavia, S. A. 2021. Profesionalisme Guru Dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Oktaria, Y. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas X SMA. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Parnawi, A. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Prasetya, I Gede Agus Saka, dkk. 2017. Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI Dengan Model Problem Based Learning Di SMK Negeri 2 Tabanan. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/9885/6288. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 14. No.1 (Di akses pada tanggal 5 Januari 2022).

Rinawati. 2021. Buku IPA Terpadu: Ilmu Pengetahuan Alam. Jawa Tengah: Pustaka Rumah CInta.

Syachtiyani, W. R. dan Novi T. 2021. Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/878. PRIMA MAGISTRA:Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.2, No.1 (Di akses pada tanggal 21 Agustus 2021).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan:Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Saputro, B. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Setyosari. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group

Suryana, D. 2021. Pendidikan Anak Usia Dini:Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Septiana. 2021. Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Belajar Di SD/MI. http://repository.radenintan.ac.id/15131/. Skripsi. Lampung: Repository UIN Raden Intan. (Di akses pada tanggal 5 Januari 2022).

Sidiq, R. dan Najuah. 2020. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/13650. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol.9, No.1 (Di akses pada tanggal 5 Januari 2022).

Sumantri, F. N. dan Abd. K. 2020. Pengembangan ELS-3D (E-Book Literasi Sains Berbasis 3D Page Flip) Pada Materi Momentum dan Implus. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/35746. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol.09, No.03. (Di akses pada tanggal 6 Januari 2022).

Uno, H. B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya:Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, dkk. 2021 Meningkatkan Motivasi Belajar Dimasa Pandemi. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMAb/article/view/10347/6468. JIMAWAbdi:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi. Vol.1, No.1 (Di akses pada tanggal 19 Agustus 2021).

Wibowo, A. 2018. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. http://repository.radenintan.ac.id/3420/. Skripsi. Lampung: Repository UIN Raden Intan. (Di akses pada tanggal 5 Januari 2022).

Wibowo, A. dan Dona D. P. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index. DESIMAL: Jurnal Matematika. Vol.1, No. 2. (Di akses pada tanggal 6 Januari 2022).

Yane, S. dan Heri R. 2020. Pengembangan Instrumen Identifikasi Bakat dan Program Pelatihan Fisik Bagi Calon Atlet 02SN. http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/1458. Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol.9, No.2 (Di akses pada tanggal 7 Januari 2022).

Published
2023-07-16
How to Cite
Arifin, I. N., Arif, R. M., Arifin, V. M., Juniarti, Y., & Sutisna, I. (2023). Desain Pengembangan E-Modul IPA Materi Kalor Berbasis Flipbook Maker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA, 14(1), 99 - 111. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2192
Section
Articles