Penerapan Metode STIFIN Dalam Memahami Gaya Belajar Siswa
Abstract
Ada cara untuk mengamati perbedaan seberapa baik siswa dalam memahami mata pelajaran yang diajarkan selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk menghasilkan pembelajaran yang baik perlu memperhatikan beberapa unsur, salah satunya adalah aspek pendekatan pembelajaran yang efektif. Metode kecerdasan STIFIN merupakan salah satu dari beberapa pendekatan efektif yang dapat digunakan selama proses pembelajaran. Pendekatan ini berusaha untuk memudahkan siswa memahami gaya belajar. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk memahami gaya belajar siswa Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk beberapa jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi dan dokumentasi langsung, yang dimulai dengan melihat data wawancara dan dokumentasi selama di lapangan,. Dari penelitian ini diketahui bahwa siswa lebih mudah memahami strategi pembelajaran yang efektif untuk digunakan selama proses pembelajaran. Adapun penerapannya dapat dilakukan dengan diawali ice breaking untuk menyamakan kondisi peserta didik supaya mempermudah dalam memahami materi yang disampaikan. Penyediaan media juga sangat mendukung dalam proses pembelajaran guna memberikan dukungan terhadap siswa. lalu dilakukanlah pendekatan sesuai dengan mesin kecerdasar masing-masing siswa.
References
Aisyah, S., & Ali, Y. (2022). PELATIHAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU MENGGUNAKAN STIFIN TES DI SD AL WASLIYAH. 17–21.
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Albadri, A. A., Islamia, A. S., Puspaningrum, L., & Ainindita, N. (2021). Penerapan Metode STIFIN dalam Menghadapi Fenomena Mendadak Mendidik Akibat Pandemi. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(70), 1–13.
Amri, M., & Rahman, U. (2020). DESCRIPTION OF STRUCTURAL OFFICERS STIFIn TEST RESULTS OF UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(1), 1. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i1
Asbari, M., Tukiran, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Masih Relevankah Pengukuran Gaya Belajar Pada Pembelajaran Online? (Sebuah Kajian Literatur Sistematis). Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 267–275. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2660996
Diana, E., Sholehah, S. W., Jadid, N., & Java, E. (2022). PARENTING SELF-EFFICACY BASED ON STIFIN AS INTELLEGENCE MECHINE OF LEARNING. 9(1), 82–96.
Fatmawati, F., Hidayat, M. Y., Damayanti, E., & Rasyid, M. R. (2020). Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 23. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13472
Harapan, U. P. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. 2(2), 40–48. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Harjon, A., Sutanto Hadisujoto, I. B., Saptaji, K., Setiawan, I., & Wandy, W. (2020). Penyuluhan Manfaat Pendidikan Tinggi dan Penelitian di Dalam dan Luar Negeri. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 4(1), 51–57. https://doi.org/10.52643/jppm.v4i1.775
Hasanah, U. (2021). Metode Stifin Sebagai Alternatif Dalam Mencegah Terjadinya Perceraian Di Kota Medan. Uswatun Hasanah Dosen, 7(1), 108–122. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=910652#
Hidayah, N., & Rahmani, M. (2021). Kecerdasan dan Kepribadian Siswa di SMP IT Fathona Palembang dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara. 7(1).
Imamah, L. (2023). wawancara. In kepala wilayah.
Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun KarakterAsuh Orang Tua berdasarkan Genetic Personality. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 75–86.
Kepa, S. (2019). Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma Negeri 1 Banda. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 72–85.
Khasanatin, A. A., Sholeh, A. H., & Rena, S. (2020). metode stifin dan peningkatan karakter islami peserta didik. 5.
Kusuma, J. W. (2020). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Edukasi Guru Tentang Implementasi Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era New Normal. 3, 149–156.
Laamena, C. M. (2019). Strategi Scaffolding Berdasarkan Gaya Belajar Dan Argumentasi Siswa: Studi Kasus Pada Pembelajaran Pola Bilangan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(2), 085–092. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp085-092ar809
Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077
Mariyani, D. A., & Rezania, V. (2021). Analisis Peran Guru dan Orang Tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 311–317.
Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030
Nusroh, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam ( PAI ). 5(01). https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.891
Pasmawati, H. (2019). Bimbingan Karir Farid Poniman dan Relevansinya dengan Konsep Islam: Telaah STIFIn Test. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(2), 182. https://doi.org/10.29300/syr.v19i2.2476
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. 5(1), 27–39.
Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. 5(1), 40–48.
Rezania, V., Su, F., & Maisaroh, S. (2020). The Use of STIFin Test and Talents Mapping as an Effort to Find Potential Children in Sekolah Alam Al Izzah. Proceedings.Uhamka.Ac.Id, 141–145. https://proceedings.uhamka.ac.id/index.php/ie/article/view/117
Setiawan, A., Zebua, R. S. Y., & Sunarti, S. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Perangkat Kepribadian Genetik STIFIn. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1859–1872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860
Simanullang, P. (2022). APPLICATION OF INTRODUCTION TO PERSONALITY PSYCHOLOGY 5 GENETIC INTELLIGENCE THROUGH THE CONCEPT OF STIFIn TEST. 3.
Siregar, N. (2020). YANG MEMILIKI STIFIN BERBEDA DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Jl . Garu II A , Harjosari I , Kec . Medan Amplas , Kota Medan , Sumatera Utara Dari zaman ke zaman telah diketahui perkembangan teori belajar dan pembelaja. 1.
Siregar, N., & Harahap, yulia sari. (2022). Students ’ Learning Achievement with Different STIFIN by using E-Learning Scientific Approach. January.
Sukartawan, A. (2022). mengatasi kesulitan belajar dengan memahami gaya belajar. 2, 33–42.
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388
Wirabumi, R., Pascasarjana, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2020). Metode embelajaran eramah. I(I), 105–113.
Yandri, H., Sujadi, E., & Juliawati, D. (2021). Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Konsep STIFIn untuk Menghadapi Perilaku Kapitalisme di Era Revolusi Industri 4.0. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(2), 58–65. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/13987
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481
Copyright (c) 2023 Nur Aisyah, Sholehatun Mahdia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




