Pengelolaan Digitalisasi Sekolah Pada Sekolah Penggerak

  • Saripa Abdullatif Sekolah Dasar Negeri 5 Kota Barat Kota Gorontalo
  • Fory Armin Nawai Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Digitalisasi, Sekolah Penggerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perencanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, (2) pelaksanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, (3) pengawasan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo. Merode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran angket dan wawancara. Ruang lingkup penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauhmana pengelolaan digitalisasi sekolah pada sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo dalam memanfaatkan dan mengembangkan platform digital. Penelitian ini dilakukan di 8 (delapan) Sekolah Dasar di Kota Gorontalo dengan jumlah responden penelitian ada 68 orang yang terdiri dari 60 orang guru dan 8 Kepala Sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak angkatan pertama di Kota Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, terletak pada kategori pencapaian “Sangat Baik” dengan rata-rata sebesar 89,73%  (2) pelaksanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, terletak pada kategori pencapaian “Baik” dengan rata-rata sebesar 86,50% (3) pengawasan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, terletak pada kategori pencapaian “Baik” dengan rata-rata sebesar 86,81%.

References

Anando, Y. Y. A., & Gundo, A. J. 2022. Pengaruh Antusiasme Belajar dan Media Belajar Website “Sekolah Digital SMKN 3 Salatiga” Terhadap Prestasi Belajar Simulasi Digital. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(2).
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Renika Cipta
Atmosudirjo, P. 2004. Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Bican, P. M. & Brem, A. 2020. Digital business model, digital transformation, digital entrepreneurship: Is there a sustainable “digital”. Sustainability, 12(13), 5239, 1 – 15.
Deegan, M and Simon T. 2002. Digital Futures:strategies for the information age. London: Library Association Publishing.
Gunawan, I. 2011. Evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1) 1-13
Harahap. E. 2016. Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 1 (2), 133–145.
Herujito, Y. M. 2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Gramedia Widiasaran Indonesia.
Islamiyah, N. M. 2022. Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Kota Bima, NTB). Tesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Imron, Ali. 2013. Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Junie, D. 2017. Pengaruh Sistem Digital Dan Keamanan Arsip Terhadap Efisiensi Waktu Kerja Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 81-90.
Katadata. 2022. Jumlah unit sekolah di Indonesia.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/07/ada-394-ribu-unit-sekolah-di-indonesia-mayoritas-sd. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2022
Karyoto. 2016. Dasar-dasar Manajemen Teori, Definisi dan Konsep. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Kemendikbud. 2020. Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/10/RENSTRA-KEMENDIKBUD-full-version.pdf . Diakses pada tanggal 9 September 2022
Kemendikbud. 2020. Persekjen Nomor 18 Tentang Tentang Petunjuk Teknis Pemanfataan Data Pokok Pendidik untuk Akun Akses Layanan Pembelajaran.file:///C:/Users/Asus/Downloads/Salinan%20Persesjen%20Nomor%2018%20Tahun%202020-2.pdf. diakses pada tanggal 27 November 2022.
Kemendikbud. 2021. Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2382 . Diakses pada tanggal 9 September 2022
Kemendikbud. 2021. Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak.http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kemendikbud-luncurkan-program-sekolah-penggerak. Diakses pada tanggal 9 September 2022
Khotimah, M. S. 2022. Analisis Penerapan Program Sekolah Penggerak Terhadap Efektivitas Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Analisis pada Siswa Kelas XII IPS Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 dan 2020/2021 di SMA Negeri 1 Lembang). Disertasi. FKIP UNPAS.
Mahmud, M. E. 2011. Mewujudkan Sekolah atau Kampus Digital. Dinamika Ilmu, 1 – 16.
Manulang. M. 2006. Manajemen Personalia. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Moekijat. 2005. Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
Moleong, L. J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchlis, N. F. 2022. Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kompetensi Guru di Sulawesi Tenggara. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 73-82).
Murhadi, M., & Poni, P. 2019. Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. INTEK: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 62-69.
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. 2022. Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239-4254.
Mustofa, M. 2018. Digitalisasi Koleksi Karya Sastra Balai Pustaka Sebagai Upaya Pelayanan di Era Digital Natives. JPUA Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 8(2), 61-68.
Patilima, S. 2022. Sekolah Penggerak sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 228 – 236. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2022.
Saefrudin, S. 2017. Pengorganisasian Dalam Manajemen. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5(2), 56-67.
Sahnan, M. 2017. Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142-159.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sundayana, R. 2018. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sutarno, N. S. 2004. Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Sumitra Media Utama
Sutikno, S. 2012. Manajemen Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: Rineka Cipta
Syafi’i, F. F. 2022. Merdeka belajar: sekolah penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 39 – 49.
Syarif, Rusli. 2011. Peningkatan Produktivitas Terpadu. Bandung: Angkasa
Tadjudin, T. 2013. Pengawasan dalam Manajemen Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 195-204. Diakses pada tanggal 27 November 2022
Tampubolon, P. 2018. Pengorganisasian dan Kepemimpinan Kajian terhadap Fungsi-fungsi Manajemen Organisasi dalam Upaya untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal STINDO Profesional, 4(3).
Tilaar, H.A.R. 1998. Manajemen Pendidikan Nasional (Kajian Pendidikan Masa Depan). Bandung: Remaja Rosdakarya
Usman, H. 2009. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Surabaya: Bumi Aksara
Published
2023-04-07
How to Cite
Abdullatif, S., Armin Nawai, F., & Arifin, A. (2023). Pengelolaan Digitalisasi Sekolah Pada Sekolah Penggerak. PEDAGOGIKA, 14(1), 46-63. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2238
Section
Articles