Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Indikator Menganalisis dan Mengevaluasi Peserta Didik

  • Nurfitra Yanto Universitas Negeri Makassar
  • Rifda Nurhikmahwati Arif Universitas Negeri Makasar
Keywords: Keterampilan berpikir tingkat tinggi, Menganalisis, Mengevaluasi, Korelasi

Abstract

 Penelitian bertujuan untuk mengkaji korelasi antara kemampuan menganalisis dan mengevaluasi Pada indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 54 Makassar yang berjumlah 91 peserta didik dan tersebar di 3 kelas yang berbeda. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian terdiri dari 44 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi antara kedua kemampuan indikator berpikir tingkat tinggi menganalisis dan mengevaluasi dengan nilai korelasi sebesar 0,09.

References

Anderson, L dan Krathwohl. (2014). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesemen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Husna, N. D. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika) (pp. 170-176). Surabaya: Jurnal Unnes
Nurkhasanah, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik Kelas X SMA N 1 Depok pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Priyasmika, R., & Yuliana, I. F. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhnya Terhadap Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Ditinjau dari Literasi Kimia. Journal of Chemistry Education Research, 1(1), 1–8.
Putri, P. N., Subandi, & Munzil. (2018). Pengaruh Strategi Inkuiri Terbimbing dan Kolb’s Learning Style terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1656—1663.
Saraswati, P. M., & Agustika, G. N. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 257-269.
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85.
Widihastuti., Purwantoro, S. A., & Sutanto. (2020). Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Kritis, Kreatif, Dan Berwawasan Kebangsaan Untuk Mencapai Ketahanan Nasional Yang Tanguh Di Era Pandemik Covid-19. Jurnal Kajian Lemhannas RI ( JKLRI), 8(2), 164–184.
Published
2023-10-31
How to Cite
Yanto, N., & Arif, R. N. (2023). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Indikator Menganalisis dan Mengevaluasi Peserta Didik . PEDAGOGIKA, 14(2), 194-198. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i2.2770