KEMAMPUAN SISWA BERMAIN DRAMAMELALUI MODEL ROLLE PLAYING DI KELAS V SD INPRES 2 RUSAKENCANA KABUPATEN BANGGAI PROVINSI SULAWESI TENGAH
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam bermain drama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa bermain drama telah mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan pada observasi kemampuan siswa yaitu, 12 siswa atau 60% siswa mampu bermain drama, 8 siswa atau 40% siswa kurang mampu dan 0% siswa tidak mampu.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik guru dalam pembelajaran drama sudah tepat dan mencapai tujuan pembelajaran
References
Crespo, P. L. 2011. Unsur-unsur aintrinsik dan Ekstrinsik Drama. (Online). http://putracrespo.blogspot.com/2013/05/unsur-unsur-intrinsik-dan-ekstrinsik_31.html. di akses 9 januari 2014.
Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara. Malang.
Satoto, S. 2012. Analisis Drama & Teater. OMBAK. Yogyakarta.
Setyawan, H. 2011. Pengertian Metode Kualitatif dan Metode Kuantitatif.http://zonainfosemua.blogspot.com/2011/01/pengertian-metode-penelitian-kualitatif.html. 3 Maret 2014.
Suciyanti, C. 2010. JENIS-JENIS DRAMA. (Online). http://dramakreasi.blogspot.com/2010/04/jenis-jenis-drama.html, di akses 9 januari 2014.
Suryana, C. 2010. Data dan Jenis Data Penelitian. (Online). http://csuryana.wordpress.com/2010/03/25/data-dan-jenis-data-penelitian/. Di akses 3 maret 2014.
Tukan.P. 2007. Mahir Berbahasa Indonesia 2 SMA kelas XI. Jakarta: Yudistira
Wiyanto, A. 2005. Terampil bermain Drama . Grasindo.
Yusdi, M.2011. pengertian Kemampuan.(online). http://www.milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertian-kemampuan.html?m=l#!/2011/07/pengertan-kemampuan.html. di akses 26 April 2014
Yustinah dan A. Iskak. 2008. Bahasa Indonesia Tataran unggul untuk SMA dan MAK Kelas XII. Erlangga. Yogyakarta.
-------.2014. Panduan Karya Tulis Ilmiah. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.