Implementasi Model Cipro (Citizen Prosedur) Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Pada Siswa

  • Ardiansa Kandoli Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo
  • Fatmah A.R. Umar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo
  • Eka Sartika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pembelajaran, CIPRO (Citizen Prosedur), teks prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi model CIPRO (Citizen Prosedur) dalam mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan tarian daerah dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lemito; (2) menyimpulkan hasil implementasi teks prosedur tentang cara melakukan tarian daerah dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dengan menggunakan model CIPRO (Citizen Prosedur) dalam pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lemito. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis teori dari Miles dan Huberman (1992: 20) yang membagi tiga aliran kegiatan bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa penelitian mengimplementasikan model pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur) dalam pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lemito Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2022/2023 menunjukkan tetap baik. Adapun temuan yang didapat dalam penelitian ini seperti setiap siswa menunjukkan semangat mereka, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. Siswa memperoleh itu semua dalam tingkah laku peserta didik saat melalui proses pembelajaran.

References

Asna, Ntelu. (2016). Meningkaatkan Kemampuan Mengidentifikasi Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Tanggapan Deskriptif melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Telaga Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, Vol,6. No.2. (online).
Depdiknas . (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, www.depdiknas.go.id
Fatma AR Umar. (2011. Sumbangan Analisis Wacana Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya. VOL. 1, NO. 1
Kemneterian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, 2017 Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Kusuma, Emy Rizta. 2018. Model Pembelajaran Cipro (Citizen Prosedur) sebagai Alternatif Pengajaran Teks Prosedur dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Vol 2. No1.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. (1992). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).
Sayama. (2014). Posisi Sastra dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning: Yogyakarta. Graha Cendekia.
Published
2024-04-30
How to Cite
Kandoli, A., Umar, F. A., & Sartika, E. (2024). Implementasi Model Cipro (Citizen Prosedur) Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Pada Siswa. PEDAGOGIKA, 15(1), 1-9. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v15i1.3153