PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

  • Reti Bala Dikbudpora Provinsi Gorontalo
Keywords: Kurikulum 2013, Contextual Teaching and Learning (CTL), Focus Group Discussion (FGD)

Abstract

Pengawas Sekolah adalah pejabat fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis dalam melakukan pengawasan pendidikan terhadap satuanpendidikan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum 2006 (KTSP) adalah pendekatanPembelajaran Kontekstual.Hal ini semakin penting setelah diberlakukannya kurikulum 2013 yang lebih menekankan pembelajaran bermakna bagi siswa dalam semua kompetensi dasardenganmenggunakan pendekatan kontekstual atau yang disebut dengan Contextual Teaching and Learning (CTL).Dari hasilpenelitian yang dilakukanpada guru-guru SMK 1 BatudaabahwaTeknik Focus Group Discussion (FGD) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual, hal ini dapat dibuktikan dari hasil pelaksanaan tindakan sampai pada siklus III terjadi peningkatan yang cukup signifikan, yaitu rata-rata dari siklus I (2,90), siklus II (3,46) dan pada siklus III menjadi rata-rata 4,15. Jikadipresentasikanterjadipeningkatan 19,31% darisiklus I kesiklus II serta 19.94% kesiklus III atau katagori ‘baik’, dan bahkan sudah mendekati target ketercapaian kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual.

References

Depdikbud, 1997, Alat Penilaian Kemampuan Guru, Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis, Jakarta, Proyek Peningkatan Mutu Guru SD setara D-ll.
Departemen Pendidikan Nasional (2002), Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007, Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta.
KementrianPendidikandanKebudayaan. 2014. KonsepdanImplementasiKurikulum 2013. Jakarta (https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf, diakses 2 Maret 2018)
Muhajir, N. 1996/1997. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Ke 4 : Analisis dan Refleksi.
PresidenRepublik Indonesia.2017. PerubahanAtasPeraturanPemerintahNomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.Jakarta
Published
2020-02-11
How to Cite
Bala, R. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD). PEDAGOGIKA, 9(2), 189-194. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.32
Section
Articles