Teknologi bagi Sekolah Dasar di Indonesia

  • Anita Isa Dinas Pendidikan Bone Bolango Gorontalo
  • Rahmelia Diko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kurikulum, Sekolah Dasar, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  Kurikulum Teknologi Pendidikan Dasar, Pendidikan Teknologi Di Indonesia, Pendidikan Teknologi Di Malaysia, Langkah-langkah Pengembangan Komputer, Dampak Positif  dan Negatif  Teknologi  Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi.  Hasil penelitian dilakukan mulai dari tanggal 19-22 agustus. Dari hasil dilapangan  hasil diskusi. Diperoleh data beberapa keunggulan pendidikan yang ada dari penerapan teknologi. Di Malaysia anak-anak tidak melakukan ulangan-ulangan, belajar untuk ujian pada akhir tingkatan seperti pada saat kelas 6. Malaysia menggunakan sistem pendidikan seperti yang ada pada findlandia. Teknologi sudah banyak di lakukan di sekolah-sekolah dasar, tidak hanya dari kelas atas, tapi sudah mulai dari kelas I. Sekolah-sekolah di Indonesia melaksanakan pendidikan berbasis teknologi dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran di sekolah. di sisi lain, hal ini mengharuskan sekolah untuk mempunyai sarana prasarana yang mendukung terselenggaranya pembelajaran berbasis teknologi. Bagi sekolah yang tidak mempunyai sarana prasarana yang mendukung maka tidak dapat melaksanakan pendidikan berbasis teknologi

References

Armansyah Putra. Mengkaji & Membandingkan Kurikulum 7 Negara
( Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dFinlandia)
Perbandingan Kurikulum 2017. Jurnal. Hal 8-10

Deni Darmawan. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

http://sha-hir.blogspot.com/2011/07/muzium-pendidikan-nasional.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Kedutaan_besar_Republik_Indonesia
https://www.liputan6.com/tekno/read/3534705/sistem-pendidikan-malaysia-bakal-lebih-fokus-ke-teknologi.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jurnal Budi Agus Riswandi , Farah Fauziyah Hanum Inovasi dan Kewirausahaan Volume 2. 2013 Peningkatan Kualitas Siswa Terampil Iptek Dengan Edukasi Komputer Bagi Siswa Sd Di Dusun Wonolelo. Halaman 95-97
Rita Eka Izzaty. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press
Published
2020-02-16
How to Cite
Isa, A., & Diko, R. (2020). Teknologi bagi Sekolah Dasar di Indonesia. PEDAGOGIKA, 10(1), 1-14. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i1.33
Section
Articles